Mobil Bermasalah, Bos McLaren Minta Maaf
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 20 Oktober 2011 16:35 WIB
McLaren MP4-12C

TEMPO Interaktif, Woking - Setelah awal bulan ini mengalami gangguan teknis hingga mengalami kecelakaan di mobil super McLaren MP4-12C, Presiden Direktur McLaren, Ron Dennis, mengirim surat permohonan maaf kepada pembeli mobil tersebut. Bahkan, surat terkesan sebagai isyarat dimulainya penarikan mobil.

Seperti dilansir caradvice.com.au, Kamis, 20 Oktober 2011, dalam suratnya itu Dennis juga menyarankan para pemilik mobil itu untuk membawanya ke dealer agar peranti lunak kendaraan itu diperbaiki. “McLaren bekerja secara cepat dan intensif untuk menyelesaikan masalah ini. Namun ini mengharuskan Anda datang ke dealer untuk memperbaiki perangkat lunak kendaraan,” demikian isi sebagian isi surat Dennis.

Mobil yang mengalami masalah itu merupakan mobil yang dipasarkan pada tahap awal. Mobil yang dibuat oleh pabrikan yang terkenal sebagai pemilik tim balap andal di laga Formula Satu (F1) itu resmi diluncurkan pada Juli lalu.

Sebelumnya, beberapa laporan menyebutkan mobil besutan McLaren itu mengalami masalah. Lampu utama yang mengalami kondensasi, pintu, hingga aki mobil adalah beberapa masalah yang terjadi.

Akibatnya, seperti dilansir autoweek.com, McLaren menghentikan proses produksi mobil itu sejak 7 Oktober lalu. Namun, Tony Joseph, Direktur McLaren Amerika Utara mengaku masalah itu tidak berkaitan dengan aspek keamanan.

Pabrikan yang berkantor di Woking, Inggris, itu saat ini tengah memasarkannya ke berbagai belahan dunia. Bahkan, seperti dilansir The Nikkei Business Daily dan Nikkei.com, sejak 4 Oktober lalu McLaren mulai memasarkan McLaren MP4-12C di Asia Tenggara.

Selain di Negeri Singa itu, McLaren juga membangun anak perusahaannya di Tokyo, Osaka, Hong Kong, dan Sydney. Sementara di Cina, menurut rencana, baru didirikan pada 2012 mendatang.

Mobil yang dibanderol 168.500 poundsterling atau sekitar Rp 2,35 miliar itu mengusung mesin M838T berkapasitas 3.800 cc V8 twin-turbo bertenaga 608 daya kuda. Torsi yang dihasilkan mesin mencapai 572 Newton meter dan akselerasi 0 – 100 kilometer per jam dicapai kurang dari 3 detik.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi