Inilah Keunggulan yang Ditawarkan Volvo XC60  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 Oktober 2011 20:07 WIB
Launching Volvo XC60 T5 di Jakarta, Jumat, 21 Oktober 2011. (Ist)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Indobuana Autoraya-Volvo selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volvo di Indonesia, hari ini, meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) Volvo XC60 T5. Fitur keselamatan dan irit bahan bakar menjadi andalan SUV baru tersebut.

“Konsumsi bahan bakar SUV ini cukup irit yaitu satu liter untuk jarak 12 kilometer,” tutur Paulus B.Suranto, Chief Executive Officer Indobuana Autoraya Volvo  dalam keterangan pers, Jumat, 21 Oktober 2011.

Adapun fitur keselamatan yang ada di SUV itu antara lain City Safety, Autobrake, serta Dynamic Stability and Traction Control.  City Safety merupakan peranti untuk mencegah terjadinya tabrakan.

Peranti tersebut bekerja dengan menggunakan sensor yang akan memantau potensi kecelakaan. Sinyal yang tertangkap sensor tersebut kemudian diinformasikan kepada pengemudi melalui tanda di dashboard mobil.

Bila mobil melaju dengan kecepatan hingga 30 kilometer per jam (kpj), perangkat keselamatan itu akan memperlambat kecepatan mobil hingga berhenti. Walhasil kecelakaan pun bisa dihindari.

Seperti halnya City Safety, cara kerja autobrake juga menggunakan sensor untuk mendeteksi potensi bahaya. Namun, peranti itu lebih ditujukan untuk mencegah mobil menabrak pejalan kaki.

Caranya, setelah sensor menangkap potensi bahaya, maka akan dengan serta merta mengirimkan informasi guna ditayangkan di dashboard agar pengemudi segera melakukan pengereman. Bila pengguna mobil itu telat melakukannya, peranti Autobrake akan mengerem mobil secara otomatis.

Fitur lainnya adalah, Dynamic Stability and Traction Control. Peranti itu berfungsi menjaga kestabilan agar tak oleng atau limbung kala melibas tikungan tajam.

Sederet fitur keselamatan tersebut juga ditopang oleh lampu Light Emitting Diode (LED) dengan teknologi terkini, Micro-Optics and LED yang memancarkan sinar terang namun tidak membuat silau pengemudi kendaraan lain. Walhasil, keberadaan mobil juga terlihat jelas.

Mobil ini mengusung mesin TC5 DOHC, empat silinder, 2.000cc.  Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 240 daya kuda pada 5.500 rpm dan torsi 320 Newton meter pada 1.500-5.000 rpm.

Berbekal tenaga itu SUV ini mampu berakselerasi dari 0 – 100 kpj hanya dalam tempo 8,1 detik. Selain bitu mampu melesat hingga 200 kpj.

Menariknya, emisi bahan bakar mobil ini telah memenuhi standar Euro5. Hasil uji Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)  Indonesia menunjukkan emisi CO2 mobil ini ini hanya 130 mg/km. Sedangkan emisi HC+NOx tak lebih dari 50mg/km.

Dengan sejumlah keunggulan yang ditawarkan itu, Indobuana Autoraya Volvo  membanderolnya Rp735 juta on the road Jakarta.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi