Jaguar Tarik Belasan Ribu Sedan X-Type  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 23 Oktober 2011 14:53 WIB
Jaguar X-Type (autoevolution.com)

TEMPO Interaktif, London - Produsen mobil mewah asal Inggris, Jaguar and Land Rover, tersandung masalah. Salah satu varian produknya, yaitu sedan Jaguar X-Type bermesin diesel 2.200 cc, harus ditarik karena peranti cruise control-nya bermasalah.

"Saklar off pada peranti itu saat dioperasikan tidak berfungsi dengan baik," demikian bunyi pernyataan Jaguar seperti dilansir dailymail.co.uk, Sabtu, 22 Oktober 2011.

Jumlah mobil yang ditarik di Inggris mencapai 17.678 unit. Semuanya model 2006-2010. "Permasalahan tersebut pertama kali diketahui oleh karyawan kami. Jadi bukan karena ada konsumen yang mengajukan keluhan," kata juru bicara pabrikan itu.

Dia juga menegaskan tidak ada laporan yang menyebut ada korban luka atau meninggal dunia terkait dengan masalah di peranti cruise control tersebut. "Juga tidak ada laporan tentang kecelakaan akibat masalah itu," ucap dia.

Cruise Control System adalah peranti yang secara otomatis mengatur sudut buka katup throttle untuk berada pada kecepatan yang telah ditentukan pengemudi. Walhasil pengemudi tidak harus selalu menginjak pedal gas guna menjaga laju kecepatan mobil yang dikemudikannya.

Peranti itu sangat membantu pengemudi bila berada di jalan tol atau perjalanan jarak jauh. Caranya cukup memindah saklar otomatis untuk mengaktifkannya. Namun bila saklar bermasalah, kecepatan akan tetap seperti saat peranti itu diaktifkan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi