Selama 33 Tahun, Corvette Ini Hanya Sekali Dikendarai  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 25 Oktober 2011 16:14 WIB
dailymail.co.uk

TEMPO Interaktif, Massachussetts - Semua orang yang memiliki sebuah mobil baru, terlebih mobil langka, akan mengemudikannya sepuas-puasnya. Namun, ternyata itu tak terjadi dengan seseorang warga Detroit, Amerika Serikat.

Dia hanya mengemudikannya sekali. Itu pun hanya jarak dekat, dari dealer ke rumahnya. Itu terjadi pada 1978 saat seseorang yang tak disebutkan jati dirinya itu membeli sebuah Chevrolet Corvette T-Top bermesin V8 350 edisi perayaan 25 tahun di sebuah dealer.

Saat itu ia mengemudikan sendiri mobil tersebut dan sejak saat itu sang pemilik tak pernah mengemudikannya lagi. Malah, pada 1986 ia menyimpannya di gudang, di antara tumpukan kotak.

“Dia baru mengemudikannya sejauh 21 kilometer dengan mengisi tangki dengan bensin 30 liter seharga US$ 5 (atau sekitar Rp 44 ribu),” demikian bunyi pernyataan Bud Chevy Corvette Buick & Center di St Marys, Ohio, pembeli Corvette tersebut dari pemilik pertama itu, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa, 25 Oktober 2011.

Sepanjang waktu itu, ia tak pernah sekalipun menyentuh mobil tersebut. Sehingga tak heran debu tebal menyelimuti seluruh permukaan mobil.

Setelah 25 tahun, tepatnya bulan lalu, sang pemilik menjualnya kepada Bud Schoenleben dari Bud Chevy Corvette Buick & Center di St Marys, Ohio. “Ini merupakan mobil langka karena hanya dibuat 6.502 unit sebagai replika Corvette yang ikut dalam laga balap Indy Pace Car 1978,” kata Schoebleben kepada Daily Standard.

Namun, mobil itu tak lama di tangan pria itu. Pasalnya dia menjual mobil tersebut kepada kolektor Corvette, yaitu "Corvette Mike" Milian dengan kondisi seperti awal, yaitu berselimut debu tebal. Mike pun memboyong mobil itu ke showroom miliknya di Plymouth, Massachusetts.

Hanya, Mike tak menyebut berapa harga yang harus ia bayar untuk memboyong Corvette lawas itu, meski ia juga berniat melegonya kembali. Namun, kisaran banderol mobil itu US$ 50 ribu atau sekitar Rp 442,85 juta.

Mike hanya menegaskan semua yang ada di mobil edisi terbatas berkelir paduan perak dan hitam itu masih asli seperti sediakala. Mulai dari aki, ban, hingga sticker yang menempel di jendela.

“Semua asli seperti pada 1978. Bahkan, mobil ini mempunyai fitur opsional yang langka, yaitu radio CB,” kata dia.

Lantas berapa banderol mobil itu bila dilego? Mike belum memberi kepastian. Namun, pada saat awal dijual pada 1978, mobil itu berbanderol US$ 14,631 atau sekitar Rp 129, 58 juta. Harga itu setara dengan US$ 51 ribu atau sekitar Rp 451, 70 juta dengan nilai uang saat ini atau telah meningkat 3,5 kali lebih.

Chevrolet Corvette pertama kali diluncurkan pada 1953. Mobil itu dirancang oleh desainer mobil kondang Harley Earl yang terinspirasi oleh mobil sport Eropa pada masa itu. Namun, Earl menjadikan mobilnya itu sebagai mobil sport yang sesuai dengan selera pasar Amerika.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi