Jalani Uji Tabrak, Toyota Yaris Raih Nilai Bintang Lima  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 27 Oktober 2011 12:28 WIB
All New Toyota Yaris. Foto: thetorquereport.com

TEMPO Interaktif, Brussel - Toyota Yaris lolos uji keamanan pengendara setelah menjalani uji tabrak. Dari hasil tes itu terlihat bahwa perlindungan untuk pengemudi di Toyota Yaris saat mengalami tabrakan yang cukup kencang terbilang masih aman. Sebab, airbag kiri dan kanan keluar dengan sendirinya yang akan menyelamatkan tubuh pengemudi dan penumpang bagian depan.

“Saat benturan frontal terjadi, mereka tetap berada di posisi masing-masing. Karena selain sabuk pengaman dan airbag, jok depan akan secara otomatis ke belakang jika terjadi benturan,” demikian pernyataan Euro NCAP seperti dimuat autoevolution.com, 26 Oktober 2011.

Hanya, aspek perlindungan bila terjadi tabrakan dari samping masih belum sempurna. Bagian dada, khususnya tulang rusak penumpang mobil, itu dinilai rawan cedera.

Pengujian yang dilakukan secara rutin oleh Euro NCAP itu merupakan sarana untuk menilai tingkat keselamatan mobil baru sebelum dipasarkan di seantero Eropa dan bahkan di luar wilayah itu. Lembaga itu menguji keamanan mobil dengan serangkaian tes dari depan, belakang, samping, serta simulasi mobil terguling untuk mengetahui tingkat keamanan atap kendaraan.

Selain itu, kelengkapan fitur atau peranti penunjang keamanan dan keselamatan berkendara menjadi poin penilaian yang cukup menentukan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi