Inilah Mobil Teraman Para Pemimpin Dunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 November 2011 16:53 WIB
The Saroukh el-Jamahiriya. (goljano.com)

TEMPO Interaktif, Inilah mobil teraman para pemimpin dunia, termasuk yang digunakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono:

1. Roket Libya milik Muammar Qadhafi

Sebelum tewas, pemimpin Libya Muammar Qadhafi mengklaim memiliki mobil teraman di dunia yang dinamai The Saroukh el-Jamahiriya atau berarti roket Libya. Nama itu serupa bodi mobil yang dibuat dengan desain menyerupai roket.

Desain aerodinamis dirancang khusus layaknya mobil-mobil milik James Bond. Selain memiliki sistem pertahanan elektronik yang dirahasiakan, roket Libya ini dilengkapi bemper yang didesain tahan terhadap benturan keras dan air bag.

Mobil ini berkapasitas lima penumpang dan menggunakan mesin V6/230 horse power. Interiornya dilengkapi jok kulit dan karpet khas Libya. Mobil ini bernilai sekitar 2 juta euro pada 1999 saat pertama kali dibuat.

2. The Beast yang digunakan Barack Obama

Ini bukan mobil sembarangan. Mobil Cadillac The Beast yang digunakan orang nomor satu di Amerika Serikat ini dilengkapi kaca antipeluru setebal 8 inci, run-flat tyres, dan bodi antipeluru setebal 5 inci.

Dengan plat baja setebal ini, Barack Obama tidak hanya aman dari ancaman peluru, tapi juga dari ledakan bom dan serangan pelontar granat.

Selain itu kabin tempat Obama duduk dilengkapi dengan sekat antigas beracun, dengan penyuplai oksigen khusus sebagai antisipasi terjadinya serangan gas kimia.

Sebagai tambahan, kabin mobil Obama juga dilengkapi dengan sistem komunikasi yang canggih, night vision, serta perlengkapan komputer untuk menyokong kerja Presiden.

Dengan berat mobil sekitar delapan ton, mobil kepresidenan Amerika ini senilai Rp 8,5 miliar.

3. Mercedes-Benz S600 yang dipakai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kini menggunakan Mercedes-Benz S600 keluaran tahun 1998 mengantikan mobil sebelumnya dengan tipe serupa buatan 1994. Mobil berpelat RI 1 ini merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer dan bahan peledak.

Kendaraan ini dilengkapi fitur keamanan tambahan seperti ban run-flat, tangki bahan bakar 90 liter, dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik. Soal kecepatan, mobil pabrikan Jerman ini mampu melaju 210 kilometer/jam.

TNR | BERBAGAI SUMBER

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi