Mobil Antimacet Audi Ini Mulai Diproduksi 2013
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 November 2011 14:13 WIB
caradvice.com.au

TEMPO Interaktif, Ingolstadt - Keberadaan mobil ramah lingkungan, lincah di kemacetan, serta memiliki fitur canggih kini menjadi sebuah keniscayaan. Maklum, semakin sesaknya Bumi, terutama di perkotaan, serta langkanya bahan bakar dari fosil membuat masyarakat membutuhkan mobil dengan karakter seperti itu.

Kebutuhan itulah yang akan dijawab Audi AG. Pabrikan asal Ingolstadt, Jerman, tersebut kini bersiap memproduksi mobil perkotaan yang konsepnya telah dipamerkan di gelaran Frankfurt Motor Show 2011, September lalu.

"Mobil konsep futuristik Audi Urban Concept ini siap masuk jalur produksi pada 2013 mendatang,” ujar sumber di Audi kepada CAR Magazine seperti dikutip caradvice.com, Jumat, 4 Oktober 2011.

Kepada awak redaksi majalah itu yang mengikuti uji jalan mobil tersebut sumber di Audi mengatakan mobil mungil bertenaga setrum itu akan diproduksi 999 unit saja. Alasannya sebagai penjajakan pasar sebelum diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

Menariknya, mobil dengan panjang 3,2 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 1,2 meter itu menggunakan pintu yang unik. Untuk membukanya pengemudi atau penumpang cukup menggeser ke belakang, kemudian mengangkatnya ke atas.

Keunggulan lain yang diklaim Audi adalah bobotnya yang super-ringan. Meski tak menyebut angka pasti, Audi menyatakan ringannya bobot itu berkat penggunaan serat karbon, aluminium, dan polimer untuk bagian bodi mobil tersebut.

“Dengan bodi yang kompak dan bobot yang ringan serta kemampuan akselerasi yang tinggi, mobil ini ideal untuk berwisata di perkotaan,” ujar juru bicara Audi seperti dilansir dailymail.co.uk.

Sumber tenaga setrum mobil ini berasal dari dua buah motor listrik yang berkekuatan 15 kW. Adapun kecepatan dan kemampuan akselerasinya diklaim jauh lebih besar ketimbang versi konsepnya.

Akselerasi dari 0-100 kilometer per jam dicapai hanya dalam tempo 16,9 detik.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi