Ini Dia Generasi Terbaru MINI Cooper
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 7 November 2011 08:40 WIB
Spyshot MINI Cooper 2013 (caradvice.com.au)

TEMPO Interaktif, London - Produsen mobil asal Inggris, MINI, kini tengah menyiapkan generasi terbaru MINI Cooper. Menariknya, model anyar itu menggunakan platform untuk mobil kecil baru besutan BMW, yaitu BMWUKL1. Maklum, MINI merupakan pabrikan yang berada di bawah payung BMW AG.

Seperti dilansir caradvice.com, Senin, 7 November 2011, sumber di MINI menyebut, platform itu juga akan digunakan oleh BMW generasi terbaru Seri 1. "Bahkan akan menjadi platform bagi BMW Seri 2," kata dia.

Platform UKL1 BMW diklaim memiliki karakter serbaguna. Ia bisa digunakan oleh model yang berpenggerak roda depan maupun empat roda dengan berbagai ukuran.

Adapun MINI Cooper anyar yang telah dua kali tertangkap kamera tengah dites di jalanan Inggris itu berwujud coupe dan roadster. Dimensi ukuran, terutama panjang dan lebar, MINI Cooper anyar itu lebih besar dibanding generasi yang ada saat ini, termasuk ruang interior, ruang untuk kaki, serta boot.

Mesin yang diusung model itu disebut sama dengan mesin yang ada di BMW generasi terbaru. Mesin tersebut berukuran kecil dengan tiga dan empat silinder sehingga tingkat konsumsi bahan bakarnya lebih irit ketimbang model yang ada saat ini.

Rencananya, mobil ini akan diperkenalkan pada 2012 dan mulai dipasarkan 2013.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi