Penjualan Motor di Tanah Air Hampir 7 Juta Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 November 2011 19:04 WIB
TEMPO/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta - Penjualan sepeda motor di tanah air sepanjang Januari – Oktober telah mencapai 6,937 juta unit. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperoleh Tempo dari salah satu Agen Pemegang Mereka sepeda motor menunjukkan, dari jumlah itu 3,484 juta unit atau 50,23 persen di antaranya adalah varian skuter matik (skutik).

“Penjualan skutik itu sebenarnya bukan menggerus pangsa bebek. Tetapi pangsa bebek tidak bertambah, sementara pasar skutik terus bertambah,” tutur salah seorang pengurus AISI saat dihubungi di Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2011.

Ia pun menyodorkan satu bukti. Dalam tiga tahun terakhir jumlah penjualan motor di tanah air terus meningkat dari 6 juta menjadi 7 juta. Bahkan pada tahun ini diperkirakan mencapai 8,2 juta unit. “Selama kurun waktu itu pula, pangsa pasar skutik terus merambat naik. Tetapi bebek tetap,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan pengamat otomotif Suhari Sargo. Meski demikian, kata Suhari, pangsa pasar bebek tidak akan pernah tergerus habis. Pasalnya, sebagian masyarakat menilai bebek masih memiliki keunggulan tersendiri.

“Bermanuver dengan menggunakan perpindahan gigi transmisi secara manual dianggap lebih mantap. Kedua, harga bebek juga lebih bersaing,” ujar Suhari.

Faktanya, selama Januari – Oktober 2011 ini, varian bebek membukukan penjualan 2,892 juta unit atau 41,70. Adapun varian motor sport terjual 559.524 unit atau 8,07 unit.

Pada segmen sport itu, Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengklaim menguasai pangsa pasar. “Selama Januari hingga Oktober Yamaha membukukan penjualan motor sport sebanyak 273.301 unit, “ujar Indra Dwi Sunda, Kepala Komunikasi Perusahaan YMKI.

Indra mengaku, Yamaha V-Ixion masih menjadi model terlaris sepanjang kurun waktu itu. Motor ini terjual 205.921 unit. “Sepanjang Oktober saja, motor ini terjual 20.057 unit,” kata dia.

Data AISI juga menunjukkan, selama kurun waktu itu Honda telah terjual 3,607 juta unit lebih, Yamaha 2,784 juta unit, Suzuki 435 ribu unit, Kawasaki 88 ribu unit lebih, dan TVS 21 ribu unit lebih. Suhari memperkirakan target 8,2 juta unit pada tahun ini bakal tercapai, dengan catatan, suku bunga pinjaman di dua bulan terakhir 2011 ini tetap.

“Sebab, motor masih memiliki daya tarik bagi masyarakat di tengah kondisi angkutan umum dan jalanan belum nyaman,” kata dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi