Ford Luncurkan Mesin 1.000 cc Tiga Silinder  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 11 November 2011 08:53 WIB
AP/Wilfredo Lee

TEMPO Interaktif, Detroit - Ford Motor Company (Ford) berupaya mewujudkan janjinya untuk menghadirkan produk ramah lingkungan dengan performa terbaik. Kamis, 10 November 2011, pabrikan asal Amerika Serikat itu meluncurkan varian mesin baru berteknologi EcoBoost, yaitu mesin 1.000 cc tiga silinder.

"Mesin 1.000 cc EcoBoost ini ataupun mesin berteknologi EcoBoost lainnya merupakan jawaban dari keinginan konsumen, yaitu bertenaga besar, irit bahan bakar, dan rendah emisi," tutur Alan Mullaly, Presiden dan Chief Executive Officer Ford, seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk dan expertreviews.co.uk, Jumat, 11 November 2011.

Mesin yang dilengkapi peranti injeksi langsung dan turbocharger itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 125PS dengan emisi CO2 tak lebih dari 114 gram per kilometer. "Torsinya mencapai 170 Newton meter (Nm), bahkan bisa mencapai tingkat maksimal, yaitu 200 Nm," ujar Mullaly.

Bahkan saat dipasang di mobil Ford Focus generasi terbaru dan diuji jalan mesin itu hanya mengeluarkan gas CÒ sebanyak 109 gram per kilometer. Konsumsi bahan bakarnya pun 1:23,3 kilometer di berbagai jenis jalanan.

Ford menyatakan mesin itu segera diproduksi massal dan akan menjadi salah satu varian dari Ford Focus, C-MAX, Grand C-MAX, serta B-MAX generasi terbaru. Bahkan di Inggris dikabarkan mulai dijual awal 2012.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi