GM Tarik Ribuan Chevrolet Colorado
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 24 November 2011 13:03 WIB
All New Chevrolet Colorado (Dok. GM)

TEMPO Interaktif, Washington - Gara-gara lampu indikator peringatan sabuk pengaman yang tak berfungsi dengan baik, General Motors (GM) menarik 5.220 unit pikap Chevrolet Colorado dan GMC Canyon model terbaru. Masalah itu ditemukan oleh para engineer GM kala mereka memeriksa produk di pabrik perakitan.

“Tidak ada kecelakaan atau korban luka akibat masalah itu,” demikian pernyataan GM seperti dilansir detroitnews.com, Kamis, 24 November 2011. Pabrikan itu juga menegaskan sabuk pengamanan di kedua pikap yang diproduksi pada 27 Agustus dan 21 Oktober 2011 itu sama sekali tidak bermasalah. Hanya, konektor listrik lampu peringatan pada gesper sabuk pengaman yang tidak terakit dengan akurat. “Akibatnya lampu indikator menyala seolah sabuk pengaman terpasang tidak tepat,” demikian pernyataan pabrikan asal Detroit, Amerika Serikat, tersebut.

GM pada akhir bulan ini akan melayangkan surat kepada para pemilik kedua mobil tersebut guna mendatangi dealer terdekat untuk mendapatkan layanan perbaikan. Layanan diberikan secara gratis.

Selain GM, pabrikan asal Negeri Abang Sam yang juga menarik produknya adalah Chrysler Group LLC yang juga dikenal sebagai pemilik Fiat. Pabrikan itu menarik 340 unit Fiat 500 dan Dodge Journey model terbaru.

Alasan penarikan karena minyak rem kedua mobil itu terkontaminasi. Akibatnya minyak tersebut tidak berfungsi dengan baik dalam memberikan tekanan fluida pada sistem hidrolis rem. Walhasil, rem pun tak pakem.

Menurut rencana, Chrysler-Fiat akan memberi tahu kepada pemilik kedua mobil yang dibuat pada 24 dan 26 Oktober 2011 itu mulai akhir bulan ini dan bulan depan. Pabrikan akan memperbaiki sistem pengereman tersebut secara cuma-cuma.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi