Honda Pamerkan Model Mobil Listrik Sport  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 30 November 2011 21:51 WIB
REUTERS/Toru Hanai

TEMPO Interaktif, Jakarta - Presiden dan Chief Executive Officer Honda Motor Co. Ltd., Takanobu Ito meluncurkan model konsep mobil listrik sport kecil generasi terbaru di ajang Tokyo Motor Show ke-42, siang ini (30/11). Mobil listrik (EV=Electric Vehicle) itu diberi nama EV-STER dan dipamerkan di booth Honda di Tokyo Big Sight mulai Sabtu (3/12) hingga Ahad (11/12) mendatang.

EV-STER memiliki rancangan bergaya dinamis dan inovatif serta unjuk kerja yang ramah lingkungan. Mobil listrik sport convertible berpenggerak roda belakang ini memiliki dua kursi penumpang. EV-STER menawarkan cara baru menikmati mobil tipe sport yang unik. Karena mengadopsi bahan karbon, mobil ini sangat mungkin untuk dikurangi bobotnya yang otomatis menyumbang kinerja berkendaraan yang tinggi dan jarak tempuh yang bisa mencapai 160 kilometer.

Honda mengklaim EV-STER sangat mudah untuk dikendarai dengan kemudi tipe twin-lever steering yang seperti dua buah joystick itu. Pengendara juga bisa menyesuaikan sendiri dengan beberapa karakteristik kendaraan ini seperti motor output dan setelan suspension. EV-STER menggunakan baterai ion litium 10 kWh dan kecepatan maksimalnya adalah 160 kilometer perjam.

“Mulai dari saat ini di Tokyo Motor Show, kami secara akan berurutan memperkenalkan banyak model baru mobil listrik, termasuk model sport berkinerja tinggi yang sedang dikembangkan,” ujar Ito di depan para wartawan dari kawasan Asia-Oceania dan Uni Eropa yang hadir di panggung utama booth Honda di East Hall 5 dan 6 Tokyo Big Sight tadi siang.

Selain mengembangkan mobil konsep, saat ini Honda menurut Ito sedang melakukan uji demonstrasi mobil Fit EV di Jepang, Amerika Serikat, dan Cina. Mobil listrik Fit EV yang memiliki motor output maksimal sebesar 92 kilowatt, mampu menempuh jarak lebih dari 160 kilometer, dan bisa mencapai kecepatan 144 kilometer per jam ini direncanakan akan mulai dipasarkan di Jepang dan AS pada musim panas tahun depan.

“Meskipun ini sebuah EV, Anda tetap bisa merasakan akselerasi mobil sport,” ujar Ito.

Uji demonstrasi Fit EV dilakukan Honda bekerjasama dengan Prefektur Kumamoto. Dengan menggunakan pabrik Honda di Kumamoto sebagai basis, Fit EV melakukan tes perjalanan tur wisata di sekitar Gunung Aso dan di dalam Kota Kumamoto. Uji ini untuk mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan dengan koneksi infrastruktur dan pengujian atas unjuk kerja Fit EV itu sendiri.

DODY HIDAYAT(Tokyo)

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi