Mobil Ini Bisa Memberi Peringatan Tanda Bahaya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 Desember 2011 05:17 WIB
Mobil konsep Daihatsu "PICO" dipamerkan dalam ajang Tokyo Motor Show yang berlangsung di Tokyo, Jepang, (30/11). AP/Koji Sasahara

TEMPO Interaktif, Jakarta-Namanya Pico. Dengan dua tempat duduk, mobil mungil dengan lebar satu meter ini segera menyedot perhatian para juru warta di perhelatan Tokyo Motor Show 2011, yang berlangsung di Tokyo Big Sight, Jepang, pada 3-11 Desember 2011. Inilah konsep mobil kompak listrik yang didesain Daihatsu Motor Co. Ltd.  

Menurut Shigemutsu Kitano, Manajer Divisi Pemasaran Produk Daihatsu, Pico cocok digunakan oleh para orang tua, yang jumlah populasinya kian meningkat di Jepang. Mobil ini juga pas dikendarai buat perjalanan dekat, semisal mengantar-jemput anak sekolah.

Yang membetot perhatian, meski ukuran bodi Pico sangat kecil, Daihatsu memperhitungkan seluruh fitur yang bisa memaksimalkan keselamatan pengemudi dan orang di sekitarnya. “Mobil ini dilengkapi sistem untuk menghindari tabrakan,” kata Shigemutsu. Caranya dengan menempatkan radar cerdas di bagian depan dan belakang buat membantu navigasi sang pengemudi saat menyetir. 

Radar inilah yang bisa mendeteksi apakah ada hambatan atau tidak di depan Pico. “Bila ada hambatan atau objek bergerak di depan mobil, pico akan menurunkan laju kendaraan,” kata Shigetmutsu. 

Yang unik, di sekeliling mobil ini dilengkapi tampilan komunikasi antara pengemudi Pico dan pejalan kaki serta pengemudi lainnya. Bila pintu dibuka, warna pada bodi depan Pico akan berubah menjadi merah. Bila pintu ditutup dan kemudian mobil melaju, tampilan serupa layar memanjang pada bagian depan mobil berubah menjadi biru. 

Saat ada objek mendekat, warna pada tampilan di bagian tersebut berubah menjadi oranye. Pada layar di bemper itu seketika muncul tulisan: hati-hati. Bila objek kian dekat, warna pada tampilan itu berubah menjadi merah. 

Bila ada kendaraan yang mendekat dari arah belakang, tampilan pada layar di bodi bagian belakang akan bertuliskan: hati-hati, ada mobil di depan. Warna tampilan itu akan berubah menjadi oranye atau merah sesuai jarak dan kecepatan mobil di belakang Pico.

Menurut Shigemutsu, bunyi mesin mobil listrik ini sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bising sama sekali.

Sebelumnya, pada Rabu, 30 November 2011, Presiden Daihatsu Motor Co. Ltd., Koichi Ina, mengatakan, perusahaannya akan focus mengembangkan kendaraan kompak yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Itu sebabnya, Daihatsu konsentrasi membuat mobil listrik dan mobil hibrid.    

Yandhrie Arvian (Tokyo)

 
Tokyo—Namanya Pico. Dengan dua tempat duduk, mobil mungil dengan lebar satu meter ini segera menyedot perhatian para juru warta di perhelatan Tokyo Motor Show 2011, yang berlangsung di Tokyo Big Sight, Jepang, pada 3-11 Desember 2011. Inilah konsep mobil kompak listrik yang didesain Daihatsu Motor Co. Ltd.  Menurut Shigemutsu Kitano, Manajer Divisi Pemasaran Produk Daihatsu, Pico cocok digunakan oleh para orang tua, yang jumlah populasinya kian meningkat di Jepang. Mobil ini juga pas dikendarai buat perjalanan dekat, semisal mengantar-jemput anak sekolah.Yang membetot perhatian, meski ukuran bodi Pico sangat kecil, Daihatsu memperhitungkan seluruh fitur yang bisa memaksimalkan keselamatan pengemudi dan orang di sekitarnya. “Mobil ini dilengkapi sistem untuk menghindari tabrakan,” kata Shigemutsu. Caranya dengan menempatkan radar cerdas di bagian depan dan belakang buat membantu navigasi sang pengemudi saat menyetir. Radar inilah yang bisa mendeteksi apakah ada hambatan atau tidak di depan Pico. “Bila ada hambatan atau objek bergerak di depan mobil, pico akan menurunkan laju kendaraan,” kata Shigetmutsu. Yang unik, di sekeliling mobil ini dilengkapi tampilan komunikasi antara pengemudi Pico dan pejalan kaki serta pengemudi lainnya. Bila pintu dibuka, warna pada bodi depan Pico akan berubah menjadi merah. Bila pintu ditutup dan kemudian mobil melaju, tampilan serupa layar memanjang pada bagian depan mobil berubah menjadi biru. Saat ada objek mendekat, warna pada tampilan di bagian tersebut berubah menjadi oranye. Pada layar di bemper itu seketika muncul tulisan: hati-hati. Bila objek kian dekat, warna pada tampilan itu berubah menjadi merah. Bila ada kendaraan yang mendekat dari arah belakang, tampilan pada layar di bodi bagian belakang akan bertuliskan: hati-hati, ada mobil di depan. Warna tampilan itu akan berubah menjadi oranye atau merah sesuai jarak dan kecepatan mobil di belakang Pico.Menurut Shigemutsu, bunyi mesin mobil listrik ini sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bising sama sekali.Sebelumnya, pada Rabu, 30 November 2011, Presiden Daihatsu Motor Co. Ltd., Koichi Ina, mengatakan, perusahaannya akan focus mengembangkan kendaraan kompak yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Itu sebabnya, Daihatsu konsentrasi membuat mobil listrik dan mobil hibrid.              Yandhrie Arvian (Tokyo)
#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi