Austin-Healey Bersejarah Ini Dijual Rp 14,2 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 Desember 2011 10:26 WIB
Mobil Austin Healey bakal dibanderol 1 juta pounds. (The Sun)

TEMPO Interaktif, London - Mobil yang terlibat salah satu kecelakaan terburuk dalam sejarah balapan mobil dunia bakal dijual dengan banderol 1 juta pounds (Rp 14,2 miliar). Mobil tersebut selama ini hanya teronggok dalam sebuah garasi.

Mobil Austin-Healey menabrak mobil Mercedes pada balapan di Le Mans, Prancis, pada 1955. Mobil Mercedes itu akhirnya terbang dan menabrak penonton sehingga menewaskan 83 orang.

Pembalap Prancis yang mengemudikan Mercedes, Pierre Levegh, juga meninggal akibat kejadian itu. Sekitar 120 penonton terluka kena api di tribun yang bersumber dari puing-puing mobil.

Setelah kejadian tersebut, Austin-Healey disita pemerintah Prancis selama 12 bulan sebelum dikembalikan ke perusahaan pembuat mobil tersebut setahun kemudian.

Mobil itu sempat pindah tangan ke beberapa pemilik. Pemiliknya saat ini membeli mobil tersebut seharga 155 pounds (Rp 2,2 juta) pada 1969. Awalnya, ia ingin memperbaiki mobil itu.

Akan tetapi, sang pemilik gagal memperbaiki mobil tersebut. Walhasil, Austin-Healey itu terbengkalai di dalam garasi si pemilik di Inggris selama 42 tahun terakhir.

Kini, sang pemilik berniat menjualnya. Mobil tersebut akan dilelang di Bonhams, Inggris, hari ini, 1 Desember 2011.

Harga awalnya diperkirakan 800 ribu pounds (Rp 11,3 miliar). Namun, para pengamat memperkirakan harga tersebut bakal meroket hingga 1 juta pounds (Rp 14,2 miliar). Sebab, itu merupakan mobil yang punya nilai sejarah.

Saat balapan di Le Mans, Austin Healey dikemudikan pembalap Inggris Lance Macklin. Tak lama setelah balapan dimulai, Macklin membanting stir untuk menghindari sebuah mobil D-type Jaguar yang dikemudikan Mike Hawthorn. Macklin menghindari mobil Jaguar karena Hawthorn mengerem mendadak untuk masuk ke pit-stop pertama.

Namun, ketika Macklin membanting stir, mobil Austin Healey menabrak Mercedes hingga terlontar dan berputar ke arah penonton.

Meski terjadi kecelakaan, balapan terus berlanjut dan Hawthorn akhirnya menjadi juara. Tim Mercedes sempat protes karena balapan seharusnya dihentikan.

Macklin tidak terluka dalam kecelakaan itu. Akibat kecelakaan tersebut, keselamatan dalam ajang balap mobil makin ditingkatkan.

THESUN| KODRAT

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi