Gaikindo Optimistis Target Penjualan 2011 Tercapai
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 Desember 2011 18:12 WIB
REUTERS/Supri

TEMPO Interaktif, Jakarta - Meski kuartal terakhir tahun ini diwarnai penurunan produksi dan penjualan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih yakin target penjualan tahun ini bisa tercapai, bahkan terlampaui.

Optimisme tersebut berdasarkan capaian penjualan Januari-November tahun ini yang telah mencapai 813.544 unit atau hampir menyentuh target penjualan Gaikindo tahun ini yang dipatok 870.000 unit per tahun.

Ketua Umum Gaikindo, Sudirman Maman Rusdi, yakin Desember ini penjualan bisa mulai kembali pulih menjadi sekitar 77.000 hingga 80.000 unit per bulan, setelah November lalu sempat terpuruk. Berdasarkan data penjualan tentatif Gaikindo, realisasi penjualan mobil November lalu hanya mampu 67.701 unit, turun sekitar 21,5 persen dibanding penjualan Oktober yang mencapai 86.345 unit.

Menurutnya, saat ini dampak banjir di Thailand sudah mulai berangsur berkurang sehingga impor sejumlah mobil yang masih dipasok secara utuh (CBU) dari Negeri Gajah Putih itu juga sudah mulai beranjak membaik. "Kendati pasokan mobil impor utuh itu pada Desember ini dipastikan belum bisa seutuhnya normal," katanya, Selasa, 6 November 2011.

Gangguan suplai pasokan mobil impor utuh itu juga tidak terlalu berdampak besar pada total penjualan mobil di Indonesia karena porsi penjualan mobil impor itu masih relatif kecil, sekitar 9,6 persen dari total seluruh penjualan. Sedangkan pasokan terbesar diimpor dari Thailand, sekitar 45 hingga 60 persen. Selebihnya didatangkan dari Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan Amerika.

Selain itu, lanjutnya, industri otomotif dalam negeri bulan ini juga sudah mulai kembali memacu produksi. Desember ini, proses start up di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga telah berangsur normal. "Produksi di pabrik ADM Desember ini mulai bisa ditingkatkan lagi menjadi 10.000 unit per bulan," katanya.

PT Astra Daihatsu Motor terpaksa memangkas produksinya karena persoalan teknis penyesuaian pabrik untuk produksi model baru dari Avanza dan Xenia yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. Pada kondisi normal, pabrik ADM bisa berproduksi sekitar 22 ribu unit per bulan yang diperuntukkan bagi Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia. Pabrik tersebut diperkirakan baru bisa sepenuhnya normal pada tahun depan.

Meskipun masih belum sepenuhnya normal, produksi yang berangsur pulih akan mampu berkontribusi dalam mendorong kinerja penjualan bulan ini. "Kemungkinan penjualan mobil pada Desember bisa mencapai 77.000 hingga 80.000 unit atau menguat 13,73 hingga 18,17 persen dibanding bulan lalu," katanya. Jika proyeksi penjualan Desember itu terbukti maka total penjualan mobil tahun ini bisa melampaui target dan tembus 880.000 unit.

AGUNG SEDAYU

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi