Rem Belakang Rusak, Honda Gold Wing Ditarik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 7 Desember 2011 00:28 WIB
AP/Shizuo Kambayashi

TEMPO Interaktif, NEW YORK - Akibat adanya permasalahan di rem belakang, produsen motor Honda terpaksa menarik 126 ribu sepeda motor Honda Gold Wing.  New York Time hari ini, Selasa 6 Desember 2011 menyebut, penarikan berlaku untuk sepeda motor yang dijual di Amerika. Meliputi GL 1800 tahun 2001 hingga 2010 dan tahun 2012.

Menurut Honda, rem belakang sepeda motor tersebut mungkin bermasalah dan menghasilkan panas berlebih saat dikendarai. "Tetap berkendara dengan kondisi rem belakang menyeret bisa menimbulkan panas sehingga rem belakang terbakar," begitu pernyataan Honda. Persoalan tersebut ditengarai berasal dari silider master sekunder dari sistem pengereman.

Persoalan tersebut mulai terendus pada Juli 2010 lalu. Di mana seorang pengendara tiba-tiba mendengar ledakan kecil dan melihat api membakar bagian rem belakang sepeda motor yang baru selesai ia kendarai. Honda membutuhkan waktu sekitar 16 bulan untuk menyelidikan mencari apa penyebab persoalan tersebut dan bagaimana mengatasinya.

Honda mengakui juga telah menerima sedikitnya 26 keluhan mengenai rem belakang sepeda motor touring itu di Amerika Serikat. Namun belum ada keterangan apakah masalah rem tersebut sampai menimbulkan kecelakaan atau tidak.

AGUNG SEDAYU 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi