Inilah Ban Mobil Tanpa Udara
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 13 Desember 2011 11:10 WIB
Bridgestone. babawheels.com

TEMPO Interaktif, Yokohama - Produsen ban Bridgestone akhir pekan lalu memperkenalkan ban tanpa tekanan udara. Ban model baru itu diklaim jauh lebih aman karena tak akan bocor meski tertusuk benda tajam.

Pernyataan Bridgestone seperti dilansir autoevolution.com, Senin, 12 Desember 2011, berbunyi, "Karena tak memerlukan tekanan angin itulah ban ini jauh lebih aman untuk digunakan bepergian jarak jauh."

Kelebihan lainnya adalah bahan dasar ban itu bisa didaur ulang, sehingga ban itu diklaim sebagai produk ramah lingkungan.

Hanya, pabrikan itu tak menjelaskan, apakah penggunaan ban tersebut mampu mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar. Pasalnya, selama ini fakta membuktikan tingkat tekanan angin ban yang tepat akan mampu mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar.

"Ban non-pneumatik itu lebih ramah lingkungan ketimbang ban konvensional. Bridgestone mengembangkannya untuk tujuan yang lebih praktis," demikian pernyataan pabrikan itu.

Memang, ban itu bukanlah ide baru. Sebelumnya Michelin Tweel telah melontarkan gagasan pembuatan ban serupa. Namun desain ban besutan Bridgestone benar-benar telah siap produksi.

Hanya, perusahaan itu tak memerinci kapan ban itu mulai diproduksi dan dipasarkan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi