Dipromosikan Jokowi, Esemka Terima 100 Pesanan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 5 Januari 2012 21:26 WIB
Dua mobil Kiat Esemka rakitan murid SMK 2 dan SMK Warga Surakarta yang bekerjasama dengan Kiat Motor Indonesia siap di uji coba di Solo Techno Park, Kamis (5/1). Meski belum ada izin produksi, respon masyarakat sangat baik terbukti pesanan yang masuk sudah ratusan unit dalam waktu kurang dari sepekan. TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - Wali Kota Surakarta Joko Widodo bertambah kesibukannya akhir-akhir ini, terutama setelah membuat kejutan dengan mengganti mobil dinas Toyota Camry dengan Kiat Esemka.

Sambutan dan sorotan masyarakat begitu besar terhadap mobil produksi siswa-siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta itu. Ada yang mendukung, tak jarang yang mencibir. Tapi hal itu tidak menyurutkan niat Jokowi, panggilan akrabnya, untuk mendorong mobil Kiat Esemka agar semakin terangkat.

“Sekarang saya menjadi brand ambassador mobil Esemka. Saya jadi duta promosi,” kata Jokowi kepada Tempo, Kamis 05 Januari 2012.

Dua hari terakhir, dia mengaku keluar kota untuk mempromosikan mobil Kiat Esemka. Hasilnya, ada lebih dari 100 pesanan yang masuk. “Terakhir dari Bengkulu mau pesan,” lanjutnya.(Baca Rp 95 juta Sukiyat Esemka Banjir Pesanan)

Menurutnya, demam mobil Esemka memberi dampak positif dan harus dimanfaatkan betul, terutama sebagai momentum untuk kemunculan mobil nasional. Sambutan masyarakat yang begitu antusias disebutnya sebagai bagian dari kerinduan akan kebanggaan produk sendiri.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Surakarta Supriyanto berpendapat kritikan di atas harus dijawab dengan kualitas, yaitu membuktikan bahwa produk tersebut benar-benar layak.

“Semua pihak harus melihat dengan kacamata profesional. Kunci untuk menjawab kritikan dengan menunjukkan kualitas, yang salah satunya dibuktikan dengan kepemilikan dokumen resmi lulus uji kelayakan,” katanya.

Jika sudah jelas layak, dia mengatakan masyarakat tidak akan ragu lagi. Termasuk dia sendiri akan beralih menggunakan Kiat Esemka dalam aktivitas sehari-hari.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita terkait:Ramai-ramai Kepincut Mobil Esemka Jokowi Sultan 'Tergiur' Bikin Esemka Jokowi di Yogya SBY Apresiasi Mobil Esemka JokowiIni Spek Mobil Esemka JokowiKisah Sukiyat, Perakit Mobil Esemka Jokowi

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi