2013, Mobil Esemka Dijual ke Masyarakat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 7 Januari 2012 18:19 WIB
Walikota Solo, Joko Widodo melakukan uji coba mobil Kiat Esemka buatan siswa SMK di Balaikota, Solo, (2/1). ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyatakan komersialisasi mobil Esemka mulai dilakukan tahun 2013 setelah seluruh syarat uji kelayakan dipenuhi.

“Butuh dukungan kementerian terkait. Kalau sudah komersialisasi, produksinya kan enggak hanya satu-satu,” katanya usai pertemuan dengan pengurus Himpunan Pendidikan Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Pacitan di pendopo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu, 7 Januari 2012.

Untuk itu, dia minta kementerian terkait mendukung rencana komersialisasi mobil Esemka karya sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia. Kementerian terkait yang dimaksud terutama Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Keuangan. Selain itu, proyek komersialisasi karya anak bangsa itu juga membutuhkan kerja sama pihak swasta dan badan usaha milik negara.

Nuh berharap, dengan diproduksi massal, mobil Esemka akan jadi salah satu produk kebanggaan dalam negeri. Masyarakat bisa memanfaatkannya selain produk luar negeri yang sudah lama menguasai pasar dunia. “Kita harus buat spektrum baru. Kita ingin punya kebanggaan sendiri yang dihasilkan anak-anak bangsa,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas karya anak bangsa itu, Nuh berencana akan menggunakan mobil Esemka di jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setelah semuanya lolos uji kelayakan.

Selain karya otomotif, Nuh juga mencontohkan karya elektronik siswa SMK, di antaranya laptop dan layar monitor jenis Liquid Crystal Display (LCD). Karya tersebut sudah digunakan di beberapa sekolah.

ISHOMUDDIN

Berita Terkait:Ada Mesin Boedoet di Mobil EsemkaDemam Mobil Esemka Perakit Esemka Harus Dapat Beasiswa Esemka Terkenal, Produsen Mobil PedekateIni Spek Mobil Esemka JokowiEsemka Jokowi dan Mimpi Sukiyat Jadi Henry Ford

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi