Ke Jakarta, Jokowi Bawa Kiat Esemka Uji Emisi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 9 Januari 2012 11:48 WIB
Dua mobil Kiat Esemka rakitan anak-anak SMK N 2 Surakarta yang bekerjasama dengan Kiat Motor Klaten Indonesia siap di uji coba di Solo Techno Park. Tempo/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta – Wali Kota Surakarta Joko Widodo mengatakan Kiat Esemka akan menjalani uji emisi pekan ini. “Mau saya bawa ke Jakarta,” katanya kepada wartawan, Senin, 9 Januari 2012.

Mobil rakitan siswa-siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta, Kiat Esemka, hingga kini belum lulus uji emisi dan uji kelayakan. Mobil tersebut belum mengantongi sertifikat uji tipe sebagai syarat utama produksi massal.

Rencana awal, mobil Kiat Esemka akan disopiri sendiri oleh Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo dari Solo ke Jakarta. Jokowi--sapaan akrabnya--turut dalam rombongan. Tapi rencana tersebut sepertinya batal. Jokowi mengatakan Kiat Esemka akan dibawa ke Jakarta dengan menumpang truk. “Mengingat jarak yang jauh," ujarnya.

Uji emisi berlangsung di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pengujian tidak bisa dilakukan di Kementerian Perhubungan karena Balai Kelaikan Jalan milik Kementerian Perhubungan belum punya alat uji emisi untuk kendaraan penumpang.

Pada prinsipnya, uji kelayakan jalan Kiat Esemka sesuai dengan persyaratan Kementerian Perhubungan sudah beres. Misalnya yang berkaitan dengan lampu, rem, klakson, dan sebagainya. Hanya tinggal uji emisi, yang dalam hal ini melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup.

Sementara itu Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi selaku pemegang merek Kiat Esemka, Sulistyo Rabono, mengaku pada 2010 sudah mengajukan permohonan uji emisi ke Kementerian Perhubungan. “Yang kami ajukan untuk jenis SUV (sport utility vehicle) dan pikap,” ujarnya.

Namun hingga kini belum ada kejelasan apakah Kiat Esemka lolos uji emisi atau gagal, sehingga harus diulang lagi. Dia mengaku tidak tahu-menahu jika Kementerian Perhubungan tidak punya alat uji emisi untuk kendaraan penumpang.

“Saya tidak begitu paham soal teknis uji emisi. Yang jelas sudah ada tim di Jakarta yang mengurus soal perizinan kelaikan jalan, termasuk uji emisi,” tuturnya.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita TerkaitTepis Keraguan, Mesin Kiat Esemka DipamerkanRumah Dinas Jokowi Jadi Showroom Mobil EsemkaAda Mesin Boedoet di Mobil EsemkaDemam Mobil Esemka Perakit Esemka Harus Dapat Beasiswa Esemka Terkenal, Produsen Mobil PedekateIni Spek Mobil Esemka JokowiEsemka Jokowi dan Mimpi Sukiyat Jadi Henry FordMobil Esemka Tunggu Izin Kementerian PerhubunganIni Mimpi Para Siswa Perakit Mobil JokowiMereka yang Bangga Merakit Mobil Esemka

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi