33 Esemka Dipesan PDIP, 40 Dipesan Kosgoro  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 9 Januari 2012 14:40 WIB
Dua mobil Kiat Esemka rakitan murid SMK 2 dan SMK Warga Surakarta yang bekerjasama dengan Kiat Motor Indonesia siap di uji coba di Solo Techno Park, Kamis (5/1). Meski belum ada izin produksi, respon masyarakat sangat baik terbukti pesanan yang masuk sudah ratusan unit dalam waktu kurang dari sepekan. TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) telah memastikan diri sebagai agen tunggal pemegang merek mobil Esemka. Direktur PT SMK Sulistyo Rabono mengatakan pemesanan secara resmi hanya bisa dilakukan melalui perusahaannya.

"Karena harus mengisi formulir dan nota kesepahaman (MoU). Ada tanda jadinya," ujar Sulistyo kepada Tempo, Senin 9 Januari 2012.

Menurutnya, hingga kini baru sekitar 100 pesanan yang masuk, di antaranya 33 unit pesanan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan 40 unit dari Kosgoro. "Mereka sudah teken MoU, jadi sudah resmi," ujarnya.

PT SMK mengabaikan pesanan yang sebatas lisan karena tidak bisa dipertanggungjawabkan kepastiannya. Ke depan ada rencana meminta uang muka atau down payment kepada para pemesan sebagai tanda jadi. "Tapi berapa uang mukanya, akan kami bicarakan dulu," ujarnya.

Untuk proses produksi dia mengatakan masih menunggu uji kelayakan dan uji emisi tuntas. Sebab akan sia-sia ketika menyediakan manufaktur perakitan mobil, sementara proses produksi belum bisa dimulai.

Nantinya ada 33 titik produksi di SMK se-Indonesia, di mana penyediaan suku cadang dipasok dari Solo Techno Park. Kontrol akhir perakitan akan dilakoni PT SMK.

Sementara itu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta sudah membuat situs resmi tentang mobil Esemka. Website tersebut memuat informasi seputar Esemka, lengka dengan foto-foto.

"Website untuk menginformasikan ke masyarakat tentang mobil Esemka. Bisa juga nantinya pemesanan online," kata Humas SMK 2 Surakarta Kasmadi.

Dia mengaku hingga kini banyak yang menulis pesan di website yang isinya berniat memesan mobil Esemka. Ada pula yang memesan melalui pesan pendek. "Ada banyak, saya tidak sempat menghitungnya," ujarnya.

Senada dengan Sulistyo, menurutnya pesanan yang masuk diarahkan ke PT SMK atau datang langsung ke Solo Techno Park agar bisa dilakukan penandatanganan MoU dengan pemesan.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita Terkait:Tepis Keraguan, Mesin Kiat Esemka DipamerkanRumah Dinas Jokowi Jadi Showroom Mobil EsemkaAda Mesin Boedoet di Mobil EsemkaDemam Mobil Esemka Perakit Esemka Harus Dapat Beasiswa Esemka Terkenal, Produsen Mobil PedekateIni Spek Mobil Esemka JokowiEsemka Jokowi dan Mimpi Sukiyat Jadi Henry FordMobil Esemka Tunggu Izin Kementerian PerhubunganIni Mimpi Para Siswa Perakit Mobil JokowiMereka yang Bangga Merakit Mobil Esemka

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi