Dien Syamsuddin Promosikan Esemka Sang Surya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 Januari 2012 21:08 WIB
Dien Syamsuddin. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Magelang - Ketua Umum Muhammadiyah Dien Syamsuddin akan turut membantu mempromosikan mobil rakitan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dengan menggunakan Esemka jenis tipe Sport Utility Vehicle (SUV).

"Pak Dien pribadi pesan Esemka yang jenis SUV, yang sepintas mirip Pajero. Harganya Rp 196 juta,” kata Kepala SMK Muhammadiyah Borobudur Suyitno usai peluncuran dan test drive mobil Esemka buatan siswanya, Kamis, 12 Januari 2012.

Meski mobil tersebut mengusung mesin Esemka 1,5, yang membedakan adalah bagian interior yang lebih lengkap dan berisi dibanding SUV lain rakitan SMK itu yang dibanderol Rp 165 juta.

Dengan mobil tersebut, Dien akan memberikan bukti kepada khalayak, khususnya kader Muhammadiyah di Indonesia bahwa mobil Esemka Sang Surya buatan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur adalah produk yang layak diperjuangkan keberlangsungannya. Dien sendiri berniat menjadi ‘sales’ untuk membantu agar hasil rakitan sekolah itu semakin dikenal luas khalayak.

Menurut Suyitno, menyiasati banyaknya pesanan yang dipesan sejumlah instansi baik universitas maupun yayasan sosial milik Muhammadiyah usai diluncurkan secara resmi oleh Din hari ini, pihaknya akan melakukannya secara bertahap.

“Untuk yang rakitan kan sebagian komponennya masih impor, jadi akan dilakukan bertahap dan koordinasi dengan pemerintah pusat,” kata dia

Sementara Staf Bagian Produksi SMK 2 Muhammadiyah Borobudur Joko Priyono menuturkan selama ini ada empat bidang yang dikerjakan oleh para siswa yakni perakitan mesin, perakitan bodi, pembuatan mobil Esemka (mini truck), dan unit karoseri.

"Sejak 2008, untuk layanan karoseri, kami sudah melayani sekitar 100 unit dari berbagai instansi dan daerah," kata Joko yang diberi tanggung jawab sekolah 'nyambi' menjadi tenaga marketing karoseri itu.

Dalam peluncuran tersebut SMK Muhammadiyah memamerkan setidaknya lima jenis kendaraan yang dibuatnya. Meliputi mobil ambulans, mini truck, SUV, double cabin, dan mobil box.

PRIBADI WICAKSONO

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi