Hatta Rajasa Jajal Mobil Esemka Rosa
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 14 Januari 2012 19:05 WIB
Mobil Esemka yang dirakit SMK Negeri 1 Singosari, Kabupaten Malang. TEMPO/Abdi Purnomo

TEMPO.CO, Malang -M enteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menjajal mobil Esemka Rosa produksi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang. Hatta memacu pelan mobil model sport utility vehicle (SUV) ini keliling arena muktamar Jam'iyah Ahlit Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyah di Pesantren Al Munawariyah Malang.

"Selayaknya umat Islam harus berilmu tinggi dan menguasai teknologi, serta ramah terhadap alam semesta," katanya usai mengendarai mobil berkapasitas mesin 2.000 cc.

Para siswa berharap mendapat dukungan dari pemerintah untuk meneruskan proyek perakitan mobil di lingkungan sekolah. Mobil garapan para siswa ini dikerjakan selama sebulan penuh. Mereka mengerjakan secara manual dengan mesin produksi yang ada di laboratorium sekolah, diawasi tenaga teknis dan guru pembimbing. Seluruh komponen dan aksesori mobil tersebut merupakan hibah dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Selain mobil karya siswa SMK, berbagai karya dipamerkan dalam pameran vokasi selama muktamar berlangsung. Karya siswa SMK yang dipamerkan berupa sepeda motor, modifikasi motor berbahan bakar gas elpiji, televisi, komputer jinjing, dan aneka karya teknologi tepat guna. Pameran vokasi dihadiri SMK di Malang, Pasuruan, dan Surabaya.

EKO WIDIANTO

#Mobil Nasional
#Hatta Rajasa

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi