Jokowi: Dempul Esemka Emang Tebal, Terus Kenapa?
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 16 Januari 2012 11:30 WIB
Dua mobil Kiat Esemka rakitan anak-anak SMK N 2 Surakarta yang bekerjasama dengan Kiat Motor Klaten Indonesia siap di uji coba di Solo Techno Park, Kamis (5/1). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil Kiat Esemka yang mencuat setelah Wali Kota Surakarta Joko Widodo menjadikannya sebagai mobil dinas masih menjadi bahan pembicaraan hangat. Ada yang mendukung dan ada pula yang mencibir. Bagian bodi mobil, menurut sejumlah orang, dinilai banyak dempulannya.

Komentar miring ini pun ditanggapi santai oleh wali kota yang akrab disapa Jokowi itu saat berbincang di kantor Tempo pekan lalu. “Dibilang dempulannya tebal enggak pa pa. Wong memang tebal,” ujarnya.

Bahkan ia menantang adu tabrak mobil Esemka dengan mobil produk Jepang atau negara lain. Menurutnya, pasti menang mobil Esemka.“Diadu (tabrak) saja sama mobil Jepang, menang (Esemka) ini saya jamin,” kata Jokowi sambil memperagakan kedua tangannya mengepal dan dibenturkan. “Karena saya tahu pelat mobil kayak apa, bodinya kayak apa, saya ngerti.”

Mobil Esemka yang kemudian dipakai untuk mobil dinas Jokowi itu merupakan produk generasi ketiga. Produk pertama dan kedua, menurut Jokowi, belum bagus. Dalam pembuatan mobil Esemka generasi ketiga, pelajar SMK di Solo bekerja sama dengan pemilik bengkel Kiat Motor, Sukiyat.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie merupakan salah satu yang mengkritik soal cat mobil Esemka. Setelah sekilas menyentuh mobil itu, secara spontan langsung menyebut bodi mobil banyak dempulannya.

Sindiran juga diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Ia menilai tindakan Jokowi menjadikan mobil Esemka sebagai mobil dinas adalah langkah sembrono karena mobil produk lokal berkapasitas 1.500 cc itu belum menjalani uji kelayakan dan keselamatan sehingga tidak boleh digunakan di jalan raya.

Meskipun banyak kritik, Jokowi mengaku tak ambil pusing. Menurutnya, mobil esemka bagus. Soal kelayakan, ia yakin mobil tersebut bisa melewati rangkaian uji kelayakan. Setelah dinyatakan layak, Jokowi berniat mendorong mobil itu untuk diproduksi secara massal.

RINA WIDIASTUTI

Berita lain:Wawancara Jokowi: Boleh Diadu Sama Mobil Jepang Tip Jokowi Atasi Kemacetan JakartaJokowi: Dahlan Belum Tahu Rencana Bisnis Esemka Ini Hasil Tes Drive GEA oleh Dahlan Iskan Hatta Rajasa Agak Kikuk dengan Mobil EsemkaJokowi Jengkel Juga Kiat Esemka DicibirGiliran Foke Sindir Jokowi di Depan Warga JakartaIni Spek Mobil Esemka JokowiMengapa Jokowi Rela Jadi Sales Esemka?

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi