Ford Focus dan Chevy Aveo Terbaik Euro NCAP
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 1 Februari 2012 21:30 WIB
Audi Q3 saat melakukan uji tabrakan Euro NCAP. (euroncap.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Organisasi keselamatan Eropa atau yang dikenal dengan Euro NCAP mengumumkan hasil tes terhadap mobil-mobil populer di Eropa di tahun 2011. Dalam tes yang dinamakan "Best in Class Cars of 2011" ini, sebanyak 53 mobil diuji dan hanya 11 di antaranya yang meraih 5 bintang yang menjadi nilai tertinggi.

Model terbaik per kategorinya adalah: Audi Q3 2.0 disel (kategori Small off-road 4×4), Chevrolet Aveo 1.2 LT (Supermini), Ford Focus 1.6 TDCI Trend (Small Family), Mercedes B-Class CDI (Small MPV), dan Volvo V60 2.0 disel Momentum (Large Family).

Ford Focus mendapat penghargaan khusus berkat teknologi Active City Stop, Driver Alert Forward Alert dan Lane Keeping Aid, yang menjadikannya sebagai mobil pertama yang meraih empat penghargaan sekaligus.

Mercedes-Benz B-Class dan Volvo V60 juga mendapat penghargaan untuk Collision Prevention Assist dan City Safety berkat Autonomous Emergency Braking Systems (AEB).

Selain itu, Chevrolet Malibu, Mercedes M-Class, Toyota Yaris, Lexus CT200h, Opel Zafira Tourer, Hyundai ix20, dan BMW X1 juga meraih 5 bintang. Ford Ranger -- satu-satunya pikap yang dites pada Euro NCAP 2011 kali ini -- meraih nilai terbaik terutama untuk pejalan kaki.

Organisasi itu tahun ini juga menguji mobil listrik yang tengah baik daun di pasar Eropa. Mobil yang diuji adalah yang menggunakan mesin bensin, plus item khusus berupa kondisi baterai usai tabrakan. Nissan LEAF menjadi satu-satunya mobil yang meraih 5 bintang.

Tahun ini Euro NCAP meningkatkan poin minimum fitur keamanan dari 40% menjadi 60%. Organisasi ini juga memberikan perhatian khusus standar keamanan bagi pejalan kaki. Tiga poin lain yang masuk dalam uji tabrakan adalah proteksi penumpang, proteksi anak, dan teknologi atau fitur keamanan.

"Dengan peningkatan standar Euro NCAP, kami berharap akan ada banyak teknologi baru yang menguntungkan konsumen. Semoga pabrikan berlomba mengembangkan fitur keamanan baru untuk kendaraan mereka," kata Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal Euro NCAP, dalam laman resmi organisasi tersebut, Selasa, 1 Februari 2012.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi