Honda Jazz Hanya Terjual 2 Unit di Bulan Januari  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 3 Februari 2012 16:15 WIB
All New Honda Jazz (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Imbas banjir Thailand rupanya masih berdampak cukup parah bagi Honda. Keterbatasan pasokan membuat PT Honda Prospect Motor (HPM), pemegang merek Honda di Indonesia, selama bulan Januari 2012 lalu, hanya bisa menjual Honda Jazz sebanyak dua unit.

Catatan ini cukup mengejutkan karena Jazz selama ini dikenal sebagai raja di segmen hatchback. Sepanjang 2011 lalu, Jazz mencatat penjualan 19.440 unit, mengungguli saingannya Toyota Yaris yang terjual 16.448 unit atau Suzuki Swift sebanyak 3.618.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, permintaan terhadap prosuk Honda di awal tahun 2012 masih sangat tinggi. "Selain permintaan Honda Jazz dan Honda CR-V, Honda Freed juga menjadi produk yang sangat diminati di tahun ini. Hanya saja kondisi keterbatasan pasokan dari Thailand masih berlanjut di awal tahun 2012," kata Jonfis dalam keterangan pers, Jumat, 3 Februari 2012.

Selain Jazz, penjualan juga berdampak pada Honda CR-V yang terjual sebanyak 70 unit. Bahkan di segmen sedan, HPM tidak mencatat angka penjualan sama sekali.

Sepanjang Januari lalu, New Honda Freed menjadi tulang punggung penjualan Honda. Freed mencatat penjualan 1.481 unit dari total penjualan Honda bulan lalu yang tercatat sebanyak 1.553 unit.

Jonfis mengatakan keterbatasan produksi ini masih akan terasa sampai beberapa bulan ke depan. "Namun, kami akan terus memaksimalkan kapasitas produksi sehingga Honda bisa menunjukkan performa penjualan yang optimal di tahun 2012," kata dia.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi