Pasokan Pulih, Toyota Jual 29.010 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 4 Februari 2012 00:11 WIB
Toyota Yaris (Dok. TAM)

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota pulih lebih cepat dibandingkan Honda. Pada bulan pertama tahun 2012, PT Toyota Astra Motor sudah langsung mencatat kesuksesan. Sepanjang Januari lalu, Toyota berhasil membukukan penjualan (ritel) 29.010 unit. Angka ini meningkat 10 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, mengatakan penjualan Toyota di Indonesia sudah membaik seiring pulihnya keadaan pascabencana tsunami Jepang dan banjir Thailand. "Perkembangan pasar otomotif nasional dapat dikatakan positif di awal tahun 2012 ini. Kami bersyukur dapat mengawali tahun ini dengan baik," kata Johnny Darmawan dalam keterangan persnya, Jumat, 3 Februari 2012.

Di segmen sedan, trio Vios, Corolla Altis, dan Camry mencatat penjualan 744 unit. Angka ini meningkat lebih dari 121 persen dibanding bulan Desember 2011. Kenaikan lebih tinggi dicatatkan hatchback Toyota Yaris. Bulan lalu, Yaris terjual 1.196 unit atau meningkat sekitar 288 persen dibandingkan bulan Desember tahun lalu. Sedangkan pesaing terberatnya, Honda Jazz, bulan lalu hanya bisa terjual dua unit.

Penjualan terbesar masih datang dari kelas MPV. Toyota Avanza mencatat penjualan 14.641 unit. Toyota Kijang Innova membukukan penjualan 6.436 unit. Toyota Alphard yang baru saja meluncurkan model terbarunya terjual 61 unit.

Kenaikan juga dicatat di kelas SUV. Toyota Rush dan Fortuner (4x2) masing-masing mencetak penjualan sebesar 2.624 dan 1.842 unit. Sedangkan di kelas komersial, Toyota Hilux membukukan penjualan 410 unit.

Widyawati Soedidgdo, GM Marketing Planning and Costumer Relation PT TAM, mengatakan, pencapaian ini berkat pulihnya pasokan dari Thailand. "Kami sudah recovery karena pasokan lancar," kata Widyawati ketika dihubungi Jumat, 3 Februari 2012.

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:Honda Jazz Hanya Terjual 2 Unit di Bulan Januari

#Otomotif
#Toyota Astra Motor
#Johnny Darmawan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi