Jokowi Akan Sopiri Esemka dari Solo ke Jakarta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 7 Februari 2012 13:18 WIB
Jokowi berpose di depan mobil kiat esemka AD-1-A di Surakarta (6/1). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Mobil Esemka hasil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta sedang dipersiapkan untuk menjalani uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo memastikan mobil Esemka akan dikendarai sendiri ke Jakarta. "Percuma kalau dinaikkan truk. Tidak akan tahu kondisi sebenarnya di jalanan," katanya kepada wartawan, Selasa, 7 Februari 2012.

Dia memperkirakan butuh waktu empat hari di perjalanan. Sebab setiap 100 kilometer, Rudyatmo yang akan menyopiri sendiri, harus beristirahat.

Selain itu, "Pak Wali (Wali Kota Surakarta Joko Widodo) minta di perjalanan singgah di beberapa kota untuk menunjukkan Esemka," ujarnya.

Secara kemampuan mesin, dia sudah tidak meragukan mesin 1.500 cc yang digunakan Esemka. Terbukti Esemka kuat saat dikendarai di jalan menanjak di Tawangmangu, Karanganyar.

"Hanya ada sedikit pembenahan lampu, yang tidak fokus menerangi marka jalan. Bahaya kalau dikendarai di malam hari," ucapnya.

Saat ini Esemka sedang diperbaiki di bengkel Kiat Motor milik Sukiyat, yang turut membidani kemunculan Esemka. Diperkirakan dalam pekan ini perbaikan selesai dilakukan. Setelah itu, mobil akan dipersiapkan untuk diberangkatkan ke Jakarta.

"Masalahnya memang cuma lampu. Kalau hanya perjalanan siang, saya siap berangkat ke Jakarta saat ini juga," kata Hadi.

Secara terpisah, Jokowi--panggilan akrab Wali Kota Surakarta Joko Widodo--yakin dengan kemampuan Esemka untuk dikendarai sendiri ke Jakarta.

"Awalnya saya memang kurang yakin. Tapi setelah di uji coba ke Tawangmangu pekan lalu, saya yakin Esemka mampu dikendarai ke Jakarta," ujarnya.

Senada dengan Rudyatmo, dia mengatakan selama perjalanan Esemka akan mampir ke beberapa kota. Tujuannya untuk memberi semangat kepada siswa sekolah menengah kejuruan di kota yang bersangkutan, agar mampu menghasilkan karya seperti mobil Esemka atau lainnya.

"Kami hanya ingin memberi semangat kepada siswa SMK di berbagai daerah," ujarnya. Sejauh ini, kata Jokowi, baru dua kota yang mengajukan diri  dikunjungi mobil Esemka, yakni Bandung dan Cirebon.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita lain: Ini Spek Mobil Esemka Jokowi Kisah Sukiyat, Perakit Mobil Esemka Jokowi Mereka Bangga Rakit Mobil Esemka Jokowi: Esemka Lebih Nyaman dari Camry Gubernur Bibit Sindir Jokowi

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi