Dibawa ke Jakarta, Mobil Esemka Diisi 7 Orang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 9 Februari 2012 16:18 WIB
Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengendarai mobil dinas buatan siswa SMK, Kiat Esemka di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Selasa (3/1). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Mobil Esemka yang akan dibawa Wali Kota Solo, Joko Widodo, dan Wakilnya ke Jakarta akan diisi tujuh penumpang. “Mobil itu maksimal dinaiki tujuh penumpang. Berarti nanti ada tujuh orang yang ikut di mobil,” ujar Wakil Wali Kota Surakarta, Hadi Rudyatmo, kepada wartawan, Kamis, 9 Februari 2012.

Mobil tersebut diisi penuh untuk menguji bobot maksimal dan ketangguhan Esemka. Kemudian para penumpang bisa mencoba kenyamanan di semua posisi kursi. Rencananya mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta tersebut akan menjalani uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Rudyatmo akan berada di balik kemudi. Dia mengaku sanggup mengemudikan sendiri mobil yang punya kapasitas mesin 1.500 cc tersebut ke Jakarta, meski setiap 100 kilometer atau ketika sudah capek ia akan beristirahat. “Maklum, saya bukan pengemudi profesional,” katanya.

Jokowi--sapaan Joko Widodo--rencananya duduk di kursi depan di samping pengemudi. Kemudian di kursi tengah yang muat tiga orang diisi pemilik Kiat Motor Sukiyat dan dua orang teknisi. Lantas dua kursi tersisa di belakang bisa digunakan wartawan.

Saat ini mobil Esemka masih diperbaiki di bengkel Kiat Motor. Setelah selesai diperbaiki, mobil itu akan diuji coba sekali lagi di malam hari untuk memastikan tidak ada masalah lagi. Sebelumnya lampu depan tidak fokus, sehingga marka jalan tidak terkena sorot lampu.

Soal waktu keberangkatan ke Jakarta, Rudyatmo mengatakan kemungkinan dua pekan lagi. Sebab minggu ini akan digunakan untuk perbaikan dan pekan berikutnya untuk uji coba terakhir sebelum ke Jakarta.

Sebelumnya Jokowi mengatakan selama perjalanan Esemka akan mampir di beberapa kota seperti Bandung dan Cirebon. Tujuannya untuk menyemangati siswa SMK di daerah-daerah tersebut agar bisa membuat karya seperti mobil Esemka. “Kami ingin siswa SMK di kota lain meniru kreativitas para perakit mobil Esemka,” katanya.

UKKY PRIMARTANTYO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi