Minggu Depan Jokowi Bawa Esemka ke Jakarta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 Februari 2012 18:15 WIB
Walikota Solo Joko Widodo berpose di depan mobil Kiat Esemka. TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Wali Kota Surakarta Joko Widodo memastikan mobil Esemka akan dibawa ke Jakarta dalam waktu dekat untuk menjalani uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

“Rencananya dibawa ke Jakarta pada 24 Februari 2012,” katanya kepada wartawan, Selasa, 14 Februari 2012. Dia akan membawa dua jenis mobil Esemka untuk diuji, yaitu jenis SUV (sport utility vehicle) dan double cabin.

Rencananya mobil Esemka jenis SUV akan dikemudikan oleh Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo. Sedangkan Esemka double cabin menumpang truk trailer dan dikirab dari Solo ke Jakarta.

Sosok yang akrab disapa Jokowi tersebut mengatakan selama perjalanan akan singgah di beberapa daerah. Seperti Semarang, Pekalongan, Tegal, Cirebon, dan Bandung. “Ada 7 daerah yang minta disinggahi. Tapi belum tentu semuanya dipenuhi,” katanya.

Saat ini mobil Esemka masih diperbaiki di bengkel Kiat Motor milik Sukiyat. Lampu depan mobil dirasakan kurang fokus dan tidak bisa menerangi marka dan garis pinggir jalan. Sukiyat mengatakan perbaikan berupa mengubah dudukan lampu depan sudah selesai dilakukan.

“Sekarang tinggal mengecat dan memperbaiki yang lecet,” ucapnya. Dia memperkirakan Kamis (16/2), perbaikan sudah selesai dikerjakan. Kemudian sebelum dibawa ke Jakarta, Esemka sekali lagi akan menjalani uji coba perjalanan di malam hari untuk mengecek kondisi lampu.

Rute uji coba belum ditentukan. Tapi kemungkinan ke Pasuruan dan Tawangmangu. Selain mengecek lampu, sekaligus mengetahui kemampuan mobil dalam melahap rute tanjakan.

Sukiyat mengatakan jika semuanya beres, maka perjalanan ke Jakarta pada 24 Februari 2012 bisa dilakukan. Rencananya dia akan membawa tujuh teknisi yang berasal dari Kiat Motor dan anak-anak SMK yang turut merakit mobil Esemka.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi