BMW 116i Sport Line: Kejutan Besar dari Si Mungil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 22 Februari 2012 01:06 WIB
BMW 116i Sport Line (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - "Ups..." Kata itu langsung meluncur dari mulut Tempo ketika pertama kali menginjak pedal gas BMW Seri 1. Agak mengagetkan memang karena pedal gas belum terlalu dalam ditekan. Tambah pula, Tempo masih berada di tempat parkir yang membutuhkan konsentrasi lumayan tinggi. Tenaga besar inilah kesan pertama yang didapatkan saat Tempo menguji varian BMW 116i Sport Line dua pekan lalu.

BMW Group Indonesia, sejak akhir 2011 lalu, menawarkan dua model Seri 1 yaitu 116i Sport Line dan 116i Urban Line. Perbedaannya bisa terlihat dari sisi eksterior dan interior. Varian Sport Line yang Tempo coba didominasi warna hitam baik di gril, spion, hingga knalpot.

Sedangkan interior bernuansa garis merah yang terlihat pada chronoscale speedometer, panel instrumen, dan jahitan kulit yang melapis kemudi. Adapun varian lain, Urban Line, didominasi elemen putih baik di luar maupun dalam.

"BMW Seri 1 terbaru ini menjadi simbol gaya hidup urban yang cocok dengan gaya hidup kota-kota kosmopolitan di Indonesia," kata Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Indonesia ketika mengenalkan mobil ini beberapa waktu lalu.

Model yang Tempo coba, berkelir Alpine White. Sedangkan jok korbin dilapisi kulit berwarna crimson red menyala, terasa kontras dengan dashboard serta karpet yang berwarna hitam. Kombinasi ini hanya satu dari sekian banyak kombinasi ekterior-interior yang bisa dipilih.

Sembari menyusuri jalanan protokol, Tempo mencoba mengamati fitur-fitur di dalam kabin. Fitur iDrive dilengkapi monitor layar ukuran 6.5 inci inci beresolusi tinggi. Sistem entertainmen BMW Radio Professional, USB, dan Bluetooth interface untuk ponsel berikut fungsi audio streaming dan Bluetooth Office juga menambah lengkap mobil ini.

Ketika bertemu kampu merah, mesin mobil tiba-tiba mati. Awalnya, Tempo agak kaget. Namun ketika pedal gas kembali ditekan, mesin otomatis kembali hidup. Ternyata, BMW mensetting mobil dalam model Eco Pro yang secara interaktif membantu pengemudi mengendarai mobil secara lebih ekonomis. BMW menyebut fitur ini membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien hingga 20 persen.

Saat memasuki jalan tol Jagorawi, Tempo akhirnya mendapat kesempatan menjajal kemampuan mesin Seri 1 ini. Generasi kedua Seri 1 ini menggunakan mesin empat silinder dengan kapasitas 1.6 liter generasi terbaru dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Mengkombinasikan TwinScroll turbocharger dengan Valvetronic, Double-Vanos dan High Precision Injection.

Tenaga yang dihasilkan 136 dk dengan torsi 220 Nm pada putaran mesin 1.350 sampai 4.300. Inilah yang menjawab kejutan yang Tempo dapatkan di awal test drive.

Nah, kejutan lain, transmisi Seri 1 ini dimainkan dengan dua mode yaitu mode otomatis (tuas di posisi D) serta Streptronic gaya manual delapan percepatan!

Tempo memang tidak membuktikan klaim BMW yang menyebutkan mobil ini mampu melesat dari posisi diam menuju 100 km/jam dalam 9.1 detik plus kecepatan maksimum 210 km/jam. Saat melaju di tol Jagorawi menuju Bogor, Tempo hanya berani memainkan transmisi sampai 6 percepatan, itupun angka speedometer sudah menunjukkan 180 km/jam.

Hatchback premium ini baik model BMW 116i Sport Line maupun BMW 116i Urban Line dilepas dengan harga Rp 529 juta (off the road). Pada 2011 lalu, penjualan Seri 1 memang tidak banyak, 13 unit dari total 1.551 unit penjualan BMW semua model. Namun Helena Abidin, Corporate Communications Director PT BMW Indonesia yakin model terbaru Seri 1 ini akan mencatat angka yang lebih banyak lagi.

RAJU FEBRIAN

SPESIFIKASI

Mesin : 4 silinderKapasitas : 1.598 ccTenaga : 100 kW (136 hp) @ 4.400 rpmTorsi : 220 Nm @ 1.350 - 4.300 rpmKonsumsi : 5,7 liter/100 km (kombinasi)Kecepatan : 210 km/jamAkselerasi : 9,1 detikPanjang : 4.324 mmLebar : 1.765 mmTinggi : 1.421 mmWheelbase : 2.690 mmBan : 195/55 R 16

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi