Esemka akan Istirahat Tiap 100 Kilometer
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 24 Februari 2012 06:42 WIB
Jokowi berpose di depan mobil kiat esemka AD-1-A di Surakarta (6/1). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO , Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta akan memberangkatkan mobil Esemka ke Balai Termodinamika, Mesin dan Propulsi (BTMP) Serpong pada Jumat 24 Februari 2012. Mobil itu akan dikendarai dengan beberapa pengemudi secara bergantian.

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo menjelaskan jika dia akan ikut mengemudikan mobil tersebut. Dia bahkan akan menjadi pengemudi utama. “Nanti pak wali (Joko Widodo) juga akan ikut mengemudikan,” kata Rudy, demikian panggilan akrabnya.

Selain itu, mereka juga akan membawa dua teknisi. “Saya sendiri juga sudah biasa jadi montir,” kata pria berkumis tebal tersebut. Selain membawa mobil Esemka, mereka juga membawa bus untuk mengangkut rombongan yang akan mengiringi.

Rudy menjelaskan, rombongan akan berhenti tiap 100 kilometer. “Mobil maupun penumpangnya butuh istirahat,” katanya. Diharapkan, mobil Esemka yang dibawa tetap dalam kondisi prima meski melakukan perjalanan jarak jauh.

Menurut dia, mobil Esemka telah menjalani uji coba beberapa kali. Bahkan, awal pekan ini dirinya telah melakukan uji coba hingga ke perbatasan Jawa timur dengan melalui jalur di lereng Gunung Lawu.

Wali Kota Joko Widodo menyatakan jika uji emisi yang akan dijalani merupakan salah satu proses yang telah ditunggu sejak awal perakitan Esemka lima tahun lalu. Dia yakin mobil itu akan lolos lantaran telah melalui proses yang panjang dan kerja keras. “Hak itu tidak didapatkan dari mengemis ataupun meminta-minta,” katanya.

AHMAD RAFIQ

Berita lain:Test Drive Mobil Esemka, Pak Dubes Pun TergodaMereka yang Bangga Merakit Mobil EsemkaMobil Esemka Tunggu Izin Kementerian PerhubunganDemi Mobil Rakitan Esemka, Jokowi Ganti MobilIni Mimpi Para Siswa Perakit Mobil Jokowi Mulai 2012, Jokowi Pakai Mobil Dinas Rakitan

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi