Roy Suryo Ikut Rombongan Esemka
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 24 Februari 2012 07:04 WIB
Roy Suryo. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO , Surakarta: Mobil Esemka akan berangkat dari Surakarta ke Balai Termodinamika, Mesin dan Propulsi (BTMP) Serpong pada Jumat, 24 Februari 2012. Salah satu pecinta otomotif, Roy Suryo juga akan ikut dalam rombongan tersebut.

“Saya akan ikut mengemudikan mobil, bergantian dengan Pak Rudy (Wakil Wali Kota Surakarta),” kata Roy Suryo saat ditemui di Solo Technopark, Kamis 23 Februari 2012. Dia ingin sekali menjadi saksi sejarah kebangkitan otomotif nasional tersebut.

Dia menjelaskan, sejarah otomotif pertama di Indonesia diawali oleh Surakarta. Raja Keraton Surakarta, Paku Buwana X merupakan pemilik mobil pertama di Indonesia. Raja tersebut membeli mobil jenis Benz Phaeton pada 1894. “Sayang, jejak mobil itu tidak dapat terlacak setelah dibawa ke Belanda pada 1924,” kata Roy.

Menurut dia, hanya ada empat unit Benz Phaeton yang diproduksi pada saat itu. Mobil berbentuk seperti kereta kuda itu bermesin tunggal dengan kapasitas mesin dua ribu cc. Mobil tersebut bias memuat delapan orang penumpang.

Wali Kota Surakarta Joko Widodo berharap sejarah otomotif itu akan berulang di Surakarta. “Keberadaan mobil Esemka ini akan jadi momentum kebangkitan mobil nasional,’ kata Jokowi.

AHMAD RAFIQ

Berita lain:Test Drive Mobil Esemka, Pak Dubes Pun TergodaMereka yang Bangga Merakit Mobil EsemkaMobil Esemka Tunggu Izin Kementerian PerhubunganDemi Mobil Rakitan Esemka, Jokowi Ganti MobilIni Mimpi Para Siswa Perakit Mobil Jokowi Mulai 2012, Jokowi Pakai Mobil Dinas Rakitan

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi