Ini Konsumsi BBM Esemka  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 25 Februari 2012 11:14 WIB
Mobil Esemka Rajawali melintas di Alas Roban, Batang, Semarang,saat perjalanan dari Solo menuju Jakarta, Jumat (24/2). Mobil tersebut akan menuju Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten untuk melakukan uji emisi. Tempo/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil Esemka menempuh jarak ratusan kilometer dari Surakarta ke Jakarta. Kondisi mesin masih prima saat pengecekan di daerah Tegal. Hanya, setelan bahan bakarnya masih cukup boros. Mobil itu mengkonsumsi satu liter Pertamax untuk menempuh perjalanan sekitar 8 kilometer.

Hal itu diketahui saat mengisi bahan bakar di salah satu SPBU di sekitar Brebes. Mobil itu butuh 43 liter Pertamax untuk memenuhi tangki bahan bakarnya. Sebagai catatan, saat pengisian, mobil itu sudah menempuh jarak 263 kilometer.

Beberapa saat kemudian rombongan mengecek kembali. Mereka memenuhi tangki bahan bakar di sebuah SPBU di Cirebon. Ternyata butuh 8,6 liter Pertamax untuk memenuhi tangki mobil yang baru berjalan 76,4 kilometer itu.

Anggota DPR yang ikut mengendarai mobil itu, Roy Suryo, menilai konsumsi bahan bakar itu tergolong boros untuk mobil ukuran mesin 1.500 cc. "Namun masih bisa diiritkan lagi," katanya. Borosnya konsumsi disebabkan oleh kondisi mesin masih inreyen.

Salah satu teknisi yang menyertai, Sri Setyawan, menyebut borosnya konsumsi bahan bakar tergantung penyetelan perangkat injeksi dan pengapian. Artinya, mobil itu memang bisa dibuat lebih irit. "Dulu pernah seliter bisa buat 12 kilometer," katanya.

AHMAD RAFIQ

Berita terkaitTiba di Jakarta, Esemka Siap Jalani Uji Emisi'Tim Sukses' Esemka Disambut di KendalRoy Suryo Geber Esemka di Tol SemarangLewat Ring Road, GPS Esemka NgomelButo Cakil Halangi Keberangkatan EsemkaRombongan Esemka Jalan Tanpa PengawalanSukiyat Rela Kata Kiat Dihapus dari Mobil Esemka

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi