Roy Suryo Yakin Esemka Lolos Uji Emisi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 25 Februari 2012 11:56 WIB
Mobil Kiat Esemka Rajawali yang disiapkan untuk menjadi mobil dinas Walikota Solo dalam perjalanan ke Jakarta dari Solo Techno Park, Solo, terlihat di kawasan Kartosuro, Sukoharjo, Jateng, Jumat (24/2). Mobil tersebut menempuh uji jalan ke Jakarta sekaligus uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Tangerang Selatan. ANTARA/Andika Betha

TEMPO.CO, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Roy Suryo, optimistis mobil Esemka akan lolos uji emisi di Balai Termodinamika Mesin dan Propulsi, Serpong, Senin, 27 Februari 2012. “Saya yakin mobil ini akan lolos uji emisi,” katanya ketika dihubungi Tempo, Sabtu, 25 Februari 2012.

Kendaraan Esemka tiba di Jakarta setelah menempuh perjalanan sejauh 600 kilometer dari Surakarta. Mobil ini berangkat pada Jumat, 24 Februari 2012. Rencananya ada dua mobil Esemka yang berangkat. Tapi, kata Roy, karena ada pertimbangan nonteknis, akhirnya cuma satu mobil yang diberangkatkan.

Roy mengendarai mobil ini bersama Wakil Wali Kota Surakarta, Hadi Rudyatmo. “Saat ini kendaraan ada di daerah Casablanca,” ujarnya.

Roy menyatakan dia cukup puas dan bangga dengan kendaraan ini. Sejak dikendarai dari Solo, Boyolali, SMK 2 di Kendal, SMK 3 di Tegal, hingga masuk Jakarta, dia tidak menemukan permasalahan serius. Sistem pengendalian kendaraan dia akui sangat stabil. Begitu pula komponen lain, seperti ban, oli, rem hingga pembuangan udara. “Tidak ada masalah berarti,” kata dia.

Menurut anggota Komisi Pertahanan DPR ini secara umum kendaraan ini sangat baik. Dia yakin Esemka akan mendapatkan sertifikat kelulusan uji emisi Euro 2.

Roy mengatakan rata-rata dia memacu kendaraan ini dengan kecepatan 80-90 kilometer per jam. Kecepatan maksimal yang dia coba adalah 120 kilometer per jam. Kecepatan ini dicobanya di Tol Semarang. “Kendaraan tetap stabil,” ujarnya.

I WAYAN AGUS PURNOMO

Berita terkaitTiba di Jakarta, Esemka Siap Jalani Uji Emisi'Tim Sukses' Esemka Disambut di KendalRoy Suryo Geber Esemka di Tol SemarangLewat Ring Road, GPS Esemka NgomelButo Cakil Halangi Keberangkatan EsemkaRombongan Esemka Jalan Tanpa PengawalanSukiyat Rela Kata Kiat Dihapus dari Mobil Esemka

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi