Dahlan Iskan Doakan Esemka Lolos Uji Emisi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 25 Februari 2012 15:24 WIB
Mobil Esemka Rajawali melintas di Alas Roban, Batang, Semarang,saat perjalanan dari Solo menuju Jakarta, Jumat (24/2). Mobil tersebut akan menuju Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten untuk melakukan uji emisi. Tempo/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - Mobil Esemka telah berada di Jakarta sebagai persiapan menjalani uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Rencananya uji emisi akan dilakukan pada Senin, 27 Februari 2012.

Uji emisi tersebut sebagai syarat terakhir untuk mendapatkan surat uji tipe dari Kementerian Perhubungan, sehingga selanjutnya bisa digunakan untuk produksi massal.

Dukungan agar mobil Esemka lolos uji emisi datang dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Meskipun sebelumnya sempat berkomentar bahwa mobil Esemka hanya sebatas pembelajaran siswa dan bukan untuk industri, kini dia berharap Esemka lolos uji emisi.

"Mudah-mudahan lolos uji emisi dan jadi prototipe mobil nasional yang baik," katanya kepada wartawan di Surakarta, Sabtu, 25 Februari 2012.

Dia mengatakan siswa sekolah menengah kejuruan memang dididik untuk memiliki keahlian tertentu, termasuk merakit mobil. Semakin banyak tenaga yang mampu merakit mobil, menurut Dahlan, semakin mudah mewujudkan mobil nasional.

"Apalagi jika ada perusahaan yang mau menampung anak-anak itu, untuk selanjutnya bekerja di pabrikan pembuat mobil nasional," katanya.

Ketika ditanya apakah BUMN bakal terlibat dalam proyek mobil nasional, dia menjawab bisa saja hal itu dilakukan, seperti PT Inka yang sudah membuat mobil GEA.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita terkaitTiba di Jakarta, Esemka Siap Jalani Uji Emisi'Tim Sukses' Esemka Disambut di KendalRoy Suryo Geber Esemka di Tol SemarangLewat Ring Road, GPS Esemka NgomelButo Cakil Halangi Keberangkatan EsemkaRombongan Esemka Jalan Tanpa PengawalanSukiyat Rela Kata Kiat Dihapus dari Mobil Esemka

#Mobil Nasional
#Dahlan Iskan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi