Kembali ke Solo, Esemka Diarak Arjuna  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 28 Februari 2012 08:53 WIB
Masyarakat Solo berkumpul di depan Solo TechnoPark untuk ikut melepas Mobil Esemka Rajawali yang akan menuju Jakarta, Jumat (24/2). Mobil tersebut akan menuju Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten untuk melakukan uji emisi. Tempo/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - Kabar kedatangan mobil Esemka pada Selasa pagi, 28 Februari 2012, disambut antusias warga Solo. Salah satunya Sugeng, yang sejak pukul 8 pagi sudah menunggu di pinggir Jalan Slamet Riyadi yang akan dilalui Esemka.

"Penasaran ingin lihat Esemka," katanya, Selasa. Kerumunan masyarakat juga terlihat di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo.

Suasana penyambutan di kawasan Kleco juga meriah. Masyarakat berkumpul menunggu kedatangan Esemka. Begitu Esemka sampai sekitar pukul 08.45, masyarakat sontak merubung mobil hasil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Solo tersebut.

Mobil Esemka berhenti sejenak untuk dikalungi bunga. Lantas diarak menuju Balai Kota Surakarta dan berlanjut ke Solo Techno Park.

Turut dalam rombongan arak-arakan adalah para kepala dinas yang mengikuti dengan bersepeda, empat Buto Cakil dan Arjuna yang naik kendaraan bak terbuka, iring-ringan kereta kencana dan komunitas sepeda lawas di Solo.

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo yang mengemudikan Esemka mengatakan tidak ada masalah selama perjalanan. "Perjalanan lancar. Tidak ada kendala," katanya di sela-sela penyambutan.

Soal lulus tidaknya Esemka melalui uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi, dia menyerahkannya ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Kepala Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Surakarta Widdi Srihanto mengatakan keberadaan empat Buto Cakil dan Arjuna melambangkan Esemka sudah berhasil melewati segala rintangan.

Esemka layaknya Arjuna yang berhasil mengalahkan Buto Cakil. "Kami bersyukur Esemka dapat kembali ke Solo dengan selamat," ujarnya.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita lain:Surakarta Siapkan Penyambutan EsemkaEsemka Selesai Uji Emisi, Hasilnya Tunggu AnalisisEsemka Diuji Delapan JamBegini Proses Uji Emisi EsemkaDahlan Iskan Doakan Esemka Lolos Uji EmisiJokowi Yakin Esemka Lolos Uji EmisiRoy Suryo Yakin Esemka Lolos Uji Emisi

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi