Tak Menyerah, Esemka Solo Siap Uji Ulang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 Maret 2012 15:09 WIB
Walikota Solo, Joko Widodo, sedang menyaksikan proses uji emisi mobil Esemka Rajawali di ruang uji Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten, Senin (27/2). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta - Tak menyerah dengan kabar kegagalan Esemka lolos uji emisi, Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo menyatakan Esemka siap melakukan uji ulang.

“Kalau tidak lulus memang perlu melakukan ujian remidiasi,” kata Wakil Wali Kota Surakarta, Hadi Rudyatmo, Kamis, 1 Maret 2012. Pria yang menyetir mobil Esemka Solo-Jakarta itu mengaku tidak kecewa dengan hasil itu.

Kamis, 1 Maret 2012, Kementerian Perhubungan menyatakan belum bisa mengeluarkan sertifikat uji tipe untuk Esemka dari Surakarta. Alasannya, mobil itu gagal uji emisi yang dilakukan pada Senin, 27 Februari 2012. (Baca: Esemka Jokowi Gagal Lolos Uji Emisi)

Hasil perolehan emisi Esemka antara lain kandungan karbon monoksida sebesar 11,63 gram/kilometer, dan HC+NOx sebesar 2,69 gram/kilometer. Standarnya, kandungan karbon monoksida hanya lima gram/kilometer, HC+NOx 0,70 gram/kilometer.

“Dari hasil itu akan terlihat bagian mesin mana yang belum sempurna,” kata pria yang sering disapa dengan panggilan Rudy itu. Rudy meminta tim Esemka segera melakukan pembenahan.

Dia berharap Esemka bisa kembali menjalani uji emisi pada pekan depan. Untuk meminimalkan kegagalan, kemungkinan besar kendaraan itu akan diangkut dengan truk. “Tidak perlu lagi dikemudikan seperti kemarin,” kata pria yang telanjur menggunduli rambutnya usai uji emisi itu.

AHMAD RAFIQ

Berita Terkait:Ungguli Foke, Jokowi Kaget Jokowi Pecat Ajudan Gara-gara Kalah GantengJokowi Sabet Penghargaan Charta PolitikaSukiyat Kecewa Namanya Dihapus dari Mobil Esemka Usai Uji Esemka, Wakil Wali Kota Solo Cukur Gundul

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi