Mesin SkyActiv Mazda CX-5 Raih Penghargaan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Maret 2012 00:10 WIB
Mazda CX-5 (Dok. Mazda)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Mazda Motor Indonesia kian optimistis dengan rencana mereka memasukkan sport utility vehicle Mazda CX-5 ke tanah air. Mesin SkyActiv yang terpasang pada CX-5 mendapat penghargaan pada ajang New Japan Society for Promotion of Machine Industry (JSPMI) Award yang ke-9. Penghargaan dari kementerian ekonomi, perdagangan, dan perindustrian Jepang tersebut diberikan karena teknologi mesin SkyActiv-G terbukti mampu menghasilkan rasio kompresi yang sangat tinggi.

Keizo Okue, Presiden Direktur PT. Mazda Motor Indonesia mengatakan pihaknya menaruh harapan besar terhadap CX-5 sebagai salah satu penopang utama penjualan mobil Mazda di Indonesia. “Semoga penghargaan yang diraih CX-5 dapat meyakinkan masyarakat Indonesia akan komitmen Mazda menghadirkan mobil yang tidak hanya peduli lingkungan, tetapi juga mampu memberikan pengalaman fun to drive,” kata Keizo Okue dalam keterangan persnya, Kamis, 1 Maret 2012.

Pada Januari lalu, Mazda Indonesia mengumumkan rencananya untuk meluncurkan CX-5 pada semester pertama tahun 2012. CX-5 merupakan satu dari tiga produk baru yang akan diluncurkan MMI pada 2012 ini. Sebelumnya, pertengahan Februari, Mazda sudah melansir RX-8 Spirit R. Sedangkan model ketiga adalah pikap BT-50 Pro. Ketiga produk ini diharapkan mampu mendorong tercapainya target penjualan sebanyak 12.000 unit pada 2012.

Dalam laman resmi Mazda, disebutkan jika mesin SkyActiv-G yang diusung Mazda mampu mencapai rasio kompresi tertinggi di dunia untuk mesin berbasis bensin yakni 14,0:1. Rasio tersebut menghasilkan penghematan bahan bakar dan peningkatan hasil tenaga mesin sebesar 15 persen dibandingkan dengan mesin-mesin yang sudah ada saat ini.

Selain itu, mesin ini juga menghadirkan teknologi pembakaran yang baru, seperti rongga piston yang didesain khusus untuk mendukung tingkat pembakaran yang ideal dan multi-hole injektor yang memungkinkan fuel-injection secara tepat.

Penghargaan-penghargaan yang telah diraih mesin SkyActiv-G di Jepang:

- 2012 RJC Technology of the Year- 2011 Eco-Products Award from Chairperson of Eco-Products Awards Steering Committee- 2011-2012 Car Technology of the Year, Japan Automotive Hall of Fame- 2011-2012 Japan Car of the Year "Special Award"- 2011 Technology Award from the Combustion Society of Japan- 2011 Nikkei Global Environmental Technology Award

RAJU FEBRIAN 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi