Menteri Perindustrian: Esemka Perlu Bersabar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 3 Maret 2012 03:29 WIB
Petugas memasang alat sebeum uji emisi mobil Esemka Rajawali rakitan Siswa-siswa SMK di ruang uji Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten, Senin (27/2). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO , Jakarta:Menteri Perindustrian Muhammad Suleman Hidayat terus mendorong agar Mobil Esemka bisa lolos uji laik jalan. Dalam pengujian-pengujian berikutnya Esemka bakal berhasil.

Hidayat mengatakan, proses pengujian memang harus dilalui sesuai aturan. Hasil pengujian tak boleh tak sempurna.  “Karena sekali ia diberikan ijin laik jalan, ia akan bersentuhan dengan kepentingan masyarakat," kata mantan ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ini.

Senin, 27 Februari 2012, Esemka menjalani uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP) di Tangerang, Banten. Dalam ujian itu, ternyata emisi Esemka berada di atas standar ditetapkan sehingga dinyatakan tidak lolos uji emisi.

Jika nantinya telah lolos, Hidayat akan bertemu investor mobil Esemka untuk membantu mereka bersaing di pasar Indonesia. Ia mengatakan, investor tersebut semestinya menyadari persaingan yang bakal mereka hadapi. Pasalnya, persaingan di segmen mobil sejenis Esemka cukup ketat.

GADI MAKITAN

Berita TerkaitPenyebab Esemka Tak Lolos Versi ProdusenEsemka Gagal Lolos Uji Emisi, Jimly Tetap MenantiEsemka Dites 1.180 Detik, Jokowi TegangIni Kelemahan Esemka Versi Tim Uji Emisi

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi