Biaya Uji Emisi Esemka Rp 12 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 5 Maret 2012 14:57 WIB
Petugas mengosongkan bahan bakar mobil Esemka Rajawali rakitan Siswa-siswa SMK sebelum diuji di ruang uji Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten, Senin (27/2). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO, Surakarta – Biaya uji emisi Esemka di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi (BTMP) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi mencapai Rp 12 juta untuk sekali uji emisi.

Wali Kota Surakarta Joko Widodo menyatakan siap membayar biaya uji emisi di atas. “Kalau memang harus bayar, ya akan kami bayar Rp 12 juta,” ujarnya, Senin, 5 Maret 2012.

Sosok yang akrab disapa Jokowi ini mengusulkan semestinya uji emisi Esemka digratiskan. Sebab Esemka merupakan produksi nasional, sehingga perlu mendapat perlakuan khusus. Pembebasan biaya merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat kepada Esemka. “Kalau menurut saya sebaiknya memang tidak membayar,” ujarnya.

Mengenai asal uang untuk membayar uji emisi, dia memastikan bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Surakarta. Uang itu berasal dari kas perusahaan PT Solo Manufaktur Kreasi. “Bukan uang APBD dan bukan uang pribadi. Tapi uang perusahaan,” kata Jokowi menegaskan.

Menurutnya sejak awal Esemka memang disiapkan untuk industri, sehingga sudah memiliki dana operasional pengembangan Esemka, termasuk untuk keperluan membayar biaya uji emisi.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita Terkait:

Kata Jimly, Jokowi Sudah Mulai LebayEsemka Jokowi Gagal Lolos Uji EmisiSukiat Kaget, Mobil Esemka Gagal Uji EmisiLampu Esemka Belum Penuhi StandarTak Menyerah, Esemka Solo Siap Uji UlangEsemka Gagal Lolos Uji Emisi, Jimly Tetap MenantiBI Imbau Perbankan Danai Esemka Ini Kelemahan Esemka Versi Tim Uji Emisi

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi