Vario Techno Baru Bidik Angka 70 Ribu Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 7 Maret 2012 00:24 WIB
Honda Vario Techno 125 PGM-FI. ANTARA/Rosa Panggabean

TEMPO.CO, Jakarta - Peluncuran Honda Vario 125 PGM-FI membuat PT Astra Honda Motor optimistis bakal menguasai pasar skutik. Executive Vice President Director PT AHM, Johannes Loman, mematok angka penjualan 70 ribu unit per bulan khusus model ini saja.

Johannes Loman mengatakan keyakinan Honda didasarkan pada berbagai fitur dan teknologi baru yang disematkan pada Vario yang membut skutik baru ini memiliki performa yang lebih baik dibandingkan kompetitor sekelasnya. "Dengan mesin baru ini performa meningkat, tapi tetap irit bahan bakar," kata Loman dalam keterangan persnya.

Untuk itu, kata Loman, Honda menargetkan penjualan semua modelnya di angka 4,8 juta tahun ini. Untuk periode Januari-Februari 2012 pihaknya menargetkan penjualan sepeda motor mencapai 738 unit. "Itu untuk semua model, tak hanya Vario ini," katanya.

Pertumbuhan penjualan sepeda motor skutik memang terus tumbuh secara signifikan. Tahun lalu, total penjualan sepeda motor skutik tumbuh sebesar 22,9% dibanding dengan tahun sebelumnya menjadi 4.150.614 unit. AHM sendiri mencatat pertumbuhan 53,5% dibandingkan tahun lalu menjadi 2.381.926 unit pada 2011 lalu. Angka ini didasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia bahwa Honda menguasai pangsa pasar 57,4%.

Honda mulai memasarkan Vario Techno 125 PGM-FI sejak Maret 2012 dengan harga (on the road Jakarta) Rp 15,9 juta untuk varian yang mengunakan sistem pengereman combi brake system dan Rp 15,1 juta untuk varian standard.

Honda Vario Techno 125 PGM-FI dibekali mesin 125cc-PGM-FI dan dilengkapi dengan teknologi matik terbaru Honda yaitu eSP (Enhanced Smart Power). Teknologi ini meningkatkan performa namun tetap dengan konsumsi bahan bakar rendah.

Honda mengklaim motor barunya ini bisa menempuh jarak 200 meter hanya dalam waktu 12,8 detik. Sedangkan konsumsinya justru lebih hemat 30% dibandingkan model lamanya, yaitu 52,1 km/liter.

President Director AHM Yusuke Hori mengatakan Vario Series merupakan salah satu produk terlaris Honda yang sudah memiliki reputasi tinggi di masyarakat. "Kami memutuskan untuk mengembangkan Vario sebagai standar skutik baru di era baru dengan menggabungkan karya seni teknologi dan desain futuristik," ujar Yusuke Hori.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi