Honda Pastikan Produksi Brio dan MPV di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 20 Maret 2012 01:39 WIB
Honda Brio. TEMPO/Kodrat Setawan

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrik baru di Karawang, Jawa Barat, dipastikan akan menjadi basis produksi Honda di Indonesia. Rencananya pabrik tersebut akan memproduksi Honda Brio dan sebuah model MPV baru. Langkah ini dilakukan untuk memperluas pasar Honda di Indonesia.

Yoshiyuki Matsumoto, Operating Officer Honda Motor Co., Ltd., Executive in Charge of Business Unit No.3, Automobile Operations Honda Motor Co., Ltd, mengatakan selama ini Honda banyak menghadirkan model-model di segmen menengah ke atas yang menempati sekitar 30 persen dari seluruh pasar otomotif di Indonesia.

"Produk-produk baru Honda yang akan diperkenalkan nantinya akan memasuki segmen menengah ke bawah yang mencakup sekitar 70 persen dari seluruh pasar otomotif Indonesia," kata Yoshiyuki dalam keterangan persnya.

Hiroshi Kobayashi, Managing Officer Honda Motor Co., Ltd. Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania) Honda Motor Co., Ltd., President and CEO Asian Honda Motor Co., Ltd., mengatakan langkah lain adalah pengembangan jaringan dealer Honda. Saat ini Honda memiliki 88 dealer yang akan dikembangkan menjadi 150 dealer hingga akhir 2014.

Pabrik baru ini akan meningkatkan kapasitas produksi dari 60.000 unit per tahun menjadi 180.000 unit per tahun. Ekspansi pabrik ini menelan investasi senilai Rp 3,1 triliun rupiah dan akan mulai beroperasi pada kuartal pertama 2014. Honda akan menjadikan pabrik ini sebagai salah satu basis produksi utama di kawasan Asia Oceania, selain pabrik di Thailand dan India.

Saat ini pabrik Honda di Indonesia memproduksi Honda Jazz, Honda Freed, dan Honda CR-V. Meski demikian sebagian komponennya masih dipasok dari Thailand yang sempat berdampak pada penjualan Honda.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi