Persiapan Uji Emisi, Mobil Esemka Dibongkar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 21 Maret 2012 15:47 WIB
Siswa SMK 2 Surakarta membongkar pintu mobil Esemka di Solo Techno Park, Rabu (21/3). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta – Belasan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta membongkar pintu mobil Esemka di Solo Techno Park, Rabu, 21 Maret 2012. Pembongkaran dilakukan oleh 18 siswa yang didampingi seorang guru otomotif.

Pintu yang dibongkar adalah dua pintu depan, dua pintu tengah, dan satu pintu belakang. “Serta penutup mesin ikut dicopot,” ujar guru otomotif SMK 2 Surakarta, Saptana, kepada Tempo, Rabu, 21 Maret 2012.

Untuk mencopot satu pintu, rata-rata butuh waktu 15 menit. Setelah dicopot, pintu tersebut ditimbang untuk tahu berapa bobotnya. “Sebab, salah satu yang menyebabkan Esemka gagal uji emisi karena bobotnya yang berat,” katanya.

Untuk mobil SUV dengan kapasitas mesin 1.500 cc, berat standarnya adalah 1,2 ton. Sedangkan saat ini berat Esemka mencapai 2,2 ton. Hal itu salah satunya disebabkan ketebalan bodi Esemka mencapai 1,2 milimeter dari seharusnya cukup 0,7-0,8 milimeter.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park Gampang Sarwono mengatakan sengaja menggandeng siswa SMK untuk membongkar pintu karena termasuk pekerjaan yang ringan.

Selain mencopot seluruh pintu untuk ditimbang, hari ini, Esemka juga dibenahi dalam segi mesinnya. “Kami mengganti ECU (electronic control unit) dan menambah alat catalytic converter,” ujarnya. Harapannya dapat meningkatkan pembakaran dan mengurangi tingkat emisi gas buang.

Untuk pintu, jika dirasakan terlalu berat, maka akan diganti dengan pelat baja yang lebih tipis. Bodi yang lebih tipis membuat berat kendaraan secara total ikut terpangkas. “Bodi yang ringan membuat mesin bisa bekerja sempurna,” tuturnya.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi