24 Maret, Esemka Uji Emisi Mandiri  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 22 Maret 2012 16:46 WIB
Teknisi membongkar mesin mobil Esemkan di Solo Techno Park, Senin (5/3). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Kegagalan mobil Esemka dalam uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi (BTMP) di Tangerang akhir Februari lalu tidak mematahkan semangat para pendukung Esemka. Esemka terus dibenahi agar nantinya bisa memenuhi standar uji emisi sesuai ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup.

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengatakan sebagai persiapan menuju uji emisi kedua, Esemka akan melakoni uji emisi mandiri. “Rencananya kami melakukan uji emisi mandiri pada Sabtu, 24 Maret 2012,” kata Hadi kepada wartawan, Kamis, 22 Maret 2012.

Dia mengatakan uji emisi mandiri akan dilakukan di sebuah bengkel di Solo yang punya peralatan uji emisi sederhana. Dia memastikan prosedur uji emisi akan disesuaikan dengan di BTMP. Misalnya, keharusan mendiamkan mesin selama beberapa jam sebelum uji emisi.

Hadi mengatakan ada standar berbeda antara uji emisi mandiri dengan standar BTMP. Oleh karena itu, hasil uji emisi mandiri diharapkan jauh di bawah ambang batas.

Sebab ada kemungkinan hasil pengujian di BTMP akan berbeda. Misalnya untuk HC+NOX, dia menargetkan bisa mendekati nol dari standar 0,7 g/km.

“Karena saat di BTMP, bisa jadi hasilnya dua kali lipat. Sehingga misalkan saat uji emisi mandiri didapat angka 0,2 g/km, maka ketika di BTMP jadi 0,4 g/km, berarti masih di bawah ambang batas,” katanya.

Saat uji emisi di BTMP beberapa waktu lalu, Esemka mendapat angka 11,63 g/km untuk CO dari standar 5 g/km. Kemudian untuk HC+NOX, angkanya 2,69 g/km dari ambang batas 0,70 g/km.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita Terkait:Ungguli Foke, Jokowi Kaget Jokowi Pecat Ajudan Gara-gara Kalah GantengJokowi Sabet Penghargaan Charta PolitikaSukiyat Kecewa Namanya Dihapus dari Mobil Esemka Usai Uji Esemka, Wakil Wali Kota Solo Cukur Gundul

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi