Masalah Avanza Tak Ada di Xenia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 Maret 2012 14:18 WIB
Presiden direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR, bersama CEO PT Astra International Tbk Suparno Djasmin saat grand Launching All New Xenia di Hotel Grand Melia, Jakarta, (9/11). TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - Masalah yang dihadapi All New Avanza belum ditemukan terjadi di mobil kembarannya, All New Xenia. Guntur Kusuma Ardhy, Public Relations PT Astra Daihatsu Motor, kepada Tempo menegaskan bahwa para pemilik Xenia tak perlu khawatir.

Meskipun diproduksi berbarengan, “Daihatsu menjamin 100 persen tidak akan ada recall produk Xenia,” kata Guntur. Ia menjelaskan Daihatsu dan Xenia memiliki standar operasi (SOP) masing-masing ketika menyalurkan produknya ke pasar.

Kedua produk itu, kata Guntur, ketika dibuat di pabrik tidak ada masalah. “Tapi, ketika sudah didistribusikan, itu menjadi tanggung jawab masing-masing perusahaan,” ucapnya.

Menurut Guntur, All New Xenia sudah diperiksa secara bertahap, dimulai dari pabrik hingga ke tangan konsumen, dan tidak ditemukan masalah apa pun. “Jadi produk kami aman,” katanya.

PT Toyota Astra Motor kembali menegaskan bahwa pabrikan ini siap memberi perbaikan secara cuma-cuma kepada pemilik 363 unit All New Avanza. Mobil yang diduga bermasalah ini diproduksi pada kurun 4-11 November 2011.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto mengatakan pemeriksaan ini dilakukan lantaran banyak keluhan soal suspensi kendaraan yang kurang kencang sehingga menimbulkan bunyi mendesing ketika dikendarai dalam kecepatan 80-100 kilometer per jam.

Setelah melalui tahap pemeriksaan, diakui memang ada baut di bagian depan mobil yang kurang kencang. Menurut dia, masalah baut ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kendaraan secara menyeluruh. Tidak menyangkut keselamatan berkendara.

Namun, menurut Joko, perusahaan tetap khawatir masalah ini terjadi di tempat lain. "Selain itu, sebagai bentuk komitmen, kami proaktif memanggil konsumen. Sebetulnya tidak terjadi apa-apa,” katanya.

Meski ditawari perbaikan gratis, belum banyak pemilik varian terbaru Avanza itu yang datang ke bengkel Toyota Astra. “Mungkin mereka menunggu jadwal servis berkala datang. Jadi belum ada data resmi berapa yang telah melakukan pemeriksaan gratis,” katanya.

Joko menegaskan tindakan yang mereka lakukan bukanlah recall--dalam pengertian menarik total seluruh produk kemudian diganti dengan mobil baru. “Kami melakukan customer selection campaign, memanggil dan memberi tahu pemilik mobil ini untuk segera memeriksakan kendaraannya. Bukan mau me-recall. Kami tidak ingin menunggu komplain,” kata dia.

Direktur Eksternal Toyota Motor Manufacturing Irwan Priyantoko mengatakan kurang mengetahui rencana recall sejumlah All New Avanza. “Avanza itu diproduksi oleh Daihatsu. Jadi kami kurang tahu soal itu,” katanya.

ELLIZA HAMZAH | SUTJI DECILYA

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi