Keris V3-V4 dan Kalabia UI Akan Berlaga di Sepang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 26 Maret 2012 13:00 WIB
Mobil sirkuit produksi Universitas Indonesia, Keris V3 (orange), Keris V4 (Merah), dan Kalabia evo-2 (Putih). TEMPO/Ilham Tirta

TEMPO.CO, Depok - Universitas Indonesia kembali berpartisipasi dalam Shell Eco-Marathon (SEM) Asia di Sirkuit Sepang, Malaysia, Juli 2012. Pada kompetisi tingkat Asia ini UI mengirimkan tiga tim untuk berpartisipasi dalam dua kategori, prototipe dan urban concept, yang berfokus pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

Dalam kategori prototipe, UI mengirimkan rancangan dua tim, yakni tim Nakoela dengan rancangan mobil bernama Keris V.3 dan tim Arjuna dengan rancangan mobil bernama Keris V.4. "Sedangkan pada kategori urban concept UI mengirimkan satu tim, yaitu Sadewa, dengan rancangan mobil bernama Kalabia evo-2," kata Kepala Kantor Komunikasi Siane Indriani di kantornya, Selasa, 26 Maret 2012.

Shell Eco-Marathon merupakan ajang kompetisi tahunan, baik di Eropa, Amerika, maupun Asia. SEM Asia 2012 adalah perlombaan di bidang otomotif. Ajang ini digelar untuk memberikan tantangan bagi mahasiswa Asia dalam mengatasi masalah krisis energi global.

SEM bertujuan meningkatkan kreativitas mahasiswa di seluruh dunia untuk menciptakan mobil ramah lingkungan, hemat energi, dan aman bagi pengendaranya.

Kategori prototipe dalam kompetisi ini lebih mengutamakan bentuk aerodinamis, sehingga pengeluaran bahan bakar minyak semakin hemat. Sementara urban concept lebih memperhatikan aspek kenyamanan kendaraan perkotaan dan merupakan konsep kendaraan masa depan.

Pada Senin, 26 Maret 2012, UI menggelar Grand Launching SEM Asia 2012 UI pada pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB di Perpustakaan Terapung UI. "Dalam acara ini juga akan diperkenalkan tim Shell Eco-Marathon Asia 2012 UI," kata Siane.

ILHAM TIRTA

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi