Produksi Pulih, Honda Catat Penjualan 4.686 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 3 April 2012 02:28 WIB
All New Honda Jazz (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - Produksi yang berangsur normal membuat Honda mampu meningkatkan penjualannya secara signifikan di bulan Maret 2012 lalu. Sepanjang bulan ketiga 2012, Honda mencatat total penjualan 4.686 unit. Angka ini melesat jauh dibandingkan dua bulan sebelumnya yang hanya mencatat 1.553 unit (Januari) dan 1.904 unit (Februari).

Hatchback Honda Jazz kembali menjadi penyumbang penjualan terbesar Honda di Indonesia. Pada Maret lalu, jaz mencatat penjualan sebanyak 2.354 unit atau sekitar 50% dari total penjualan Honda di bulan Maret.

Multi purpuse vehicle (MPV) Honda Freed memberikan angka penjualan yang cukup besar yaitu 1.438 unit. Di segmen sport utility vehicle (SUV), penjualan Honda CR-V mulai membaik. Bulan lalu CR-V terjual 802 unit, meningkat dibanding bulan sebelumnya yang hanya terjual 2 unit. Sementara MPV premium Honda yaitu All New Honda Odyssey terjual sebanyak 151 unit.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor meski secara total penjualan Honda meningkat tajam namun pasokan model sedan dari Thailand masih terhambat. Alhasil, trio Honda City, Civic, dan Accord sama sekali tidak mencatat penjualan pada bulan Maret lalu.

Memasuki kuartal kedua tahun 2012, kata Jonfis, Honda mulai meningkatkan produksi Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed pasca terganggunya pasokan komponen akibat banjir di Thailand.

"Dengan peningkatan produksi ketiga model itu, diharapkan dalam waktu dekat model-model Honda tersebut akan kembali tersedia di dealer-dealer Honda di seluruh Indonesia," kata Jonfis dalam keterangan persnya, Senin, 2 April 2012.

Dalam rilis yang dilansir laman resmi Honda Motor Company disebutkan pabrik Honda di Thailand sudah mulai beroperasi secara penuh mulai 26 Maret 2012 lalu. Kondisi ini membuat Honda yakin akan bisa kembali memasok model-model yang diproduksi di Negara Gajah Putih itu dalam waktu dekat termasuk trio sedannya ke Indonesia.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor
#Jonfis Fandy

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi