Desainer Porsche 911 Meninggal Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 6 April 2012 16:57 WIB
Ferdinand Alexander Porsche desainer Porsche 911. (sportcardigest.com)

TEMPO.CO, Stuttgart - Profesor Ferdinand Alexander Porsche, desainer Porsche 911, meninggal dalam usia 76 tahun, Kamis, 5 April 2012. Ferdinand menjadi otak kreasi Porsche 911 yang menjadi mobil sport paling terkenal di dunia.

Pernyataan resmi Porsche menyebutkan cucu pendiri pabrikan asal Jerman tersebut, Ferdinand Porsche, meninggal di Salzburg, Austria. "Kami sangat berduka dengan meninggalnya Ferdinand Alexander Porsche," kata Matthias Mueller, CEO Porsche AG, dalam keterangan resminya, Jumat, 7 April 2012.

"Sebagai kreator Porsche 911, dia menjadi pendiri desain yang menjadi trade mark mobil sport kami sampai hari ini. Menjadi sebuah kehormatan bagi kami untuk meneruskan filosofi desain yang ia kembangkan," kata dia.

Lahir 11 Desember 1953 di Stuttgart, Ferdinand Alexander Porsche merupakan putra tertua pasangan Ferry Porsche dan Dorothea. Sejak kecil, ia dikenal menyukai desain. Hal itu terlihat dari sekolah yang diambil, yaitu Waldorf School dan Ulm School of Design, sekolah desain ternama di Jerman sebelum ditutup pada 1968.

Desainer yang dijuluki Butzi itu bergabung dengan perusahaan keluarga tersebut pada 1956 di departemen desain. Pada 1962, ia ditunjuk sebagai manajer desain Porsche. Setahun berselang, ia memperkenalkan Porsche 901 yang kemudian berganti nama menjadi 911. Mobil ini pertama kali dipertontonkan pada Frankfurt Motor Show 1963.

Mobil dua pintu dengan mesin di belakang itu langsung menjadi idola penggemar mobil sport. Sanggup berlari 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu 9,1 detik serta kecepatan maksimal 131 km/jam. David Beckham, Jenson Button, dan Richard Hammond merupakan beberapa nama selebriti yang menggunakan mobil ini.

Selain Porsche 911 yang tahun lalu mengeluarkan generasi ketujuhnya, ia juga mengembangkan mobil balap Porsche 904 Carrera GTS. Butzi meninggalkan Porsche pada 1972 dan mendirikan Porsche Design Group di Austria. Rencananya, Ferdinand Alexander Porsche akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Schuttgut, Zell am See, Jerman.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi