Porsche Luncurkan SUV Sport Cayenne GTS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 April 2012 17:00 WIB
Porsche Cayenne GTS (Dok. Porsche)

TEMPO.CO, Stuttgart - Porsche akhirnya meluncurkan generasi kedua Cayenne GTS pada gelaran Beijing Auto Show 2012 bulan ini. Sport utility vehicle (SUV) dengan kemampuan sport car ini menjadi mobil berkemampuan off-road tercepat di dunia yang pernah ada.

Keterangan resmi Porsche AG seperti dilansir laman motorauthority.com dan autoevolution.com, Kamis, 12 April 2012, menyatakan mobil ini memiliki konsep yang berkonsentrasi pada kinerja sporty. Resepnya adalah mesin berdaya tinggi, sasis yang lebih rendah, serta peralatan sporty. Cayenne GTS baru ini disebutkan mengisi pasar antara Cayenne S dan Cayenne Turbo.

Mobil ini menggunakan basis Cayenne S. Di bawah kap mesinnya tersimpan mesin V8, tetapi dengan sedikit gubahan yang membuat tenaga naik 20 hp menjadi 420 hp. Tidak seperti Cayenne GTS model lama yang menggunakan transmisi manual, generasi baru ini menggunakan transmisi Tiptronic S dengan delapan kecepatan serta fungsi auto start/stop yang terpadu.

Mesin ini dapat membuat Cayenne GTS melesat dari posisi diam hingga 100 kilometer per jam dalam 5,7 detik dan kecepatan mencapai 160 km/jam dalam 13,3 detik. Kecepatan maksimalnya adalah 261 km/jam dan konsumsi bahan bakar NEDC sebesar 10,7 liter per 100 kilometer.

Bagian sasis juga mendapat garapan. Sasis kini disetel lebih khusus dan dilengkapi Porsche Active Suspension Management (PASM) serta bodi yang lebih rendah 24 mm dibandingkan Cayenne S. "Walhasil, Cayenne GTS bisa bergerak lebih lincah seperti mobil sport," tulis motorauthority.com

Tampilan Cayenne GTS menggunakan kerangka dan trim warna hitam glossy, ban lebih lebar, serta roof spoiler dengan profil sayap kembar. Jok sport GTS menggunakan kulit Alcantara yang diperkuat delapan pilihan penyesuaian tempat duduk. 

PT Eurokars Artha Utama, agen pemegang merek (APM) Porsche di Indonesia, melansir Porsche Cayenne GTS akan masuk pasar pada Juli 2012. Namun, mereka tidak menyebutkan kapan akan masuk Indonesia. Mengenai harga, di Jerman mobil ini dibanderol 90.774 euro atau sekitar Rp 1,09 miliar. 

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi